PENGARUH TERAPI RELAKSASI BENSON TERHADAP KUALITAS TIDUR LANSIA DI POSYANDU PERMADI TLOGOMAS KOTA MALANG

Indah Maulinda, Erlisa Candrawati, Ragil Catur Adi W.

Abstract

Proses penuaan yang dialami lansia menyebabkan perubahan tidur sehingga mempengaruhi kualitas tidur. Mengatasi kualitas tidur lansia yang buruk bisa menerapkan salah satu cara yaitu Relaksasi benson yang merupakan pengembangan metode respon relaksasi dengan melibatkan faktor keyakinan pasien. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh terapi relaksasi benson terhadap kualitas tidur lansia di posyandu permadi Tlogomas kota Malang. Desain penelitiaan ini adalah Quasi Eksperimen dengan pendekatan case control. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan populasi sebanyak 23 responden, dan sampel sebanyak 20 responden, 10 responden kelompok kontrol dan 10 responden kelompok perlakuan, pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian diperoleh dari10 responden kelompok perlakuan diketahui sebagian besar dikategorikan baik.Data kualitas tidur lansia pada lansia di posyandu permadi Tlogomas Kota Malang pada kelompok perlakuan yang melakukan relaksasi benson yaitu sebanyak 7 responden (70%) dikategorikan baik, dan 3 responden (30%) dikategorikan cukup, sebanyak 10 responden kelompok kontrol dikategorikan baik, 3 responden (30%) dikategorikan cukup dan 7 responden (70%) dikategorikan buruk. Ada pengaruh penggunaan terapi relaksasi benson terhadap kualitas tidur lansia hasil analisis data dengan menggunakan uji Mann-whitney U Test diketahui sig = 0,000 ≤ 0,05 maka terdapat perbedaan bermakna antara dua kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol, ada pengaruh terapi relaksasi benson terhadap kualitas tidur lansia di posyandu permadi Tlogomas kota Malang. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya yang meneliti tentang variabel yang sama, dapat menambah sampel penelitian sehingga hasilnya lebih akurat. Bagi kader posyandu diharapkan terapi relaksasi benson diterapkan dalam kegiatan rutin Posyandu.

Keywords

Kualitas Tidur, Lansia, Relaksasi Benson.

Full Text:

PDF

References

Anies. 2005. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: Nuha Medika

Azizah. 2011. Keperawatan Lanjut Usia.. Jakarta: Salemba Medika

BPS. 2010. Jumlah Lansia Di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia

Bandiyah. 2009. Buku Ajar: Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media

Benson, H & Proctor, W. 2000. Dasar-dasar respon relaksasi. Bandung: Kaifa

Chomaria. 2009. Keunggulan relaksasi benson & Mengatasi insomnia dengan terapi relaksasin. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Effendi. F & Makhfudli. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Fitrisyia. 2009.Tujuan Relaksasi Progresif. Jakarta: EGC

Hidayat, A.A. 2007. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data.Jakarta: Salemba Medika

Hazila. 2014. Pengaruh Teknik Relaksasi Benson Terhadap Kualitas Tidur. Jakarta: Rineka Cipta

Maryam dan Siti. 2010. Mengenal Usia Lanjut Dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika

Purwanto, Djoko. 2006. Pengembangan Relaksasi Benson. Jakarta: Erlangga

Potter & Perry. 2005. Buku Ajar Fundamenta l Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik Jakarta: EGC

Soeharto. 2009. Pengaruh Teknik Relaksasi Benson Terhadap Kualitas Tidur Pasien Yang Mendapatkan Terapi Hemodialisis di Unit Hemodialisis RSUP Dr M Djamil Padang. Skripsi, Program Studi Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Andalas, Padang. http://www.aoa.acl.gov/Aging_Statistics/Profile/2013/16.aspx. diakses pada tanggal 4 Maret 2017

WHO. 2015. Data Lansia Indonesia. Jakarta: World Health Organization.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.