HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN PENURUNAN BERAT BADAN PADA IBU POST PARTUM DI KELURAHAN TLOGOMAS MALANG

Yolanda Astiati, Ni Luh Putu Eka Sudiwati, Lasri Lasri

Abstract

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010 di Indonesia pemberian ASI baru mencapai 15,30% dan pemberian susu formula meningkat tiga kali lipat dari 10,30% menjadi 32,50%. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara pemberian ASI eksklusif terhadap penurunan berat badan ibu post partum di kelurahan Telogomas. Desain penelitian mengunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 26 ibu post partum dan teknik sampling penelitian ini menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji kolerasi spearman rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebagian besar 14 (53,8%) ibu Post Partum memberikan ASI eksklusif pada bayi dan sebagian13 (50,0%) ibu Post Partum mengalami penurunan berat badan. Sedangkan hasil uji kolerasi spearman rank didapatkan nilai p value = 0,000 < α (0,05) yang berarti data dinyatakan signifikan. Artinya ada ada hubungan pemberian ASI eksklusif dengan penurunan berat badan ibu Post Partum di RW 03 kelurahan Tlogomas Malang. Disarankan kepada ibu agar memberikan ASI eksklusif kepada bayi sehingga bisa mengurangi berat badan ibu.

Keywords

Ibu Post Partum, Pemberian ASI Eksklusif, Penurunan Berat Badan

Full Text:

PDF

References

Alimun. 2007. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta :Asdi Mahasatya

Arikunto, S. 2002. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Revisi V. Jakarta :PT Rineka Cipta

Istiany, A, & Rusilanti. 2013. gizi terapan. jurnal keperawatan Indonesia. Volume 10, No.2.

Kristiyanti, n. F. 2013. hubungan pemberian asi eksklusif dengan penurunan berat badan ibu menyusui. Jurnal kebidanan. Volum 14 no 1.

Lissauer, T & Fanaroff, A. A. 2009. At a glance neonatalogi. gelora aksara pratama: Erlangga

Merdhika,W.A. Mardji, Devi M. 2014. Pengaruh Penyuluhan Asi Eksklusif Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Asi Eksklusif Dan Sikap Ibu Menyusui . Jurnal kesehatan. Vol. 37 No. 1.

Nisman dkk. 2011. Panduan pintar ibu menyusui. Yogyakarta: Andi

Notoatmodjo. 2010. Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Asdi Mahasatya

Nursalam. 2013. Konsep dan penerapan metodologi penelitian dan keperawatan. Jakarta :Salemba Medika

Sugiyono. 2015. metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suririnah. 2008. Buku pintar kehamilan dan persalinan. Jakarta : Gramedia

Syamsianah A, Mufnaetty , Mahardikha D M. 2010. Hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan ibutentang asi dengan lama pemberian asi eksklusif pada balita usia 6 – 24. Jurnal kesehatan masyarakat Indonesia. Volum 6 no 2.

Yuliarti, N. 2010. Panduan lengkap olahraga bagi wanita hamil dan menyusui. Yogyakarta : Andi

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.