HUBUNGAN KEMAMPUAN STIMULASI ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEBERHASILAN TOILET LEARNING PADA ANAK USIA TODDLER DI PAUD WILAYAH KELURAHAN TLOGOMAS KOTA MALANG

Murdiana Murdiana, Ni Luh Putu Eka Sudiwati, Lasri Lasri

Abstract

Toilet learning adalah usaha untuk melatih anak dalam buang air kecil dan air besar. Kemampuan dalam pelaksanaan toilet learning pada anak usia toddler perlu penanganan sedini mungkin. Dampak yang memepengaruhi keberhasilan toilet learning pada anak adalah kemampuan stimulasi orang tua dan kesiapan anak sebelum memulai toilet learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan stimulasi orang tua dengan tingkat keberhasilan toilet learning pada anak usia toddler di PAUD Wilayah Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Penelitian ini dilakukan dengan metode cross sectional dengan teknik total sampling berjumlah 32 orang. Pengumpulan data melalui lembar kuisioner diberikan kepada orang tua. Hasil penelitian menggambarkan bahwa kemampuan stimulasi orang tua terdapat 62,5% dengan kategori cukup baik dan tingkat keberhasilan toilet learning terdapat 50% dengan kategori berhasil. Hasil uji korelasi dengan p-value 0,00< 0,05. Dapat disimpulkan terdapat hubungan kemampuan stimulasi orang tua dengan tingkat keberhasilan toilet learning pada anak usia toddler. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dilakukan penelitian pada area yang lebih luas dan meneliti variabel lain diluar kemampuan stimulasi orang tua dan juga menambah metode pengukuran instrumen penelitian berupa pengamatan atau observasi dan wawancara.

Keywords

Kemampuan stimulasi orang tua, toilet learning, toddler.

Full Text:

PDF

References

Alimul, A. 2007. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta

Ernawati, L. 2008. Faktor Stimulasi Orang Tua Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Anak Usia 3 Bulan. Stikes Hafshawaty Zainul Hasan Genggong. Probolinggo.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung

Hidayat, A. A. A. 2008. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak ,Cetakan Ke Tiga. Jakarta: Salemba Medika

Lewer, H. 1996. Belajar Merawat di Bangsal Anak. Jakarta: EGC

Muscari, M.E. 2005. Panduan belajar : Keperawatan Pediatrik. Edisi 3. Jakarta: EGC

Ningsih, S.F. 2012.Hubungan Pengetahuan dan Prilaku Ibu dalam Menerapkan Toilet Training dengan Kebiasaan Mengompol pada Anak Usia Prasekolah.Fakultas Kedokteran dan Ilmu Keperawatan.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarata: Reneka Cipta

Nursalam, 2013.Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Oktaria, S. 2009. Stimulasi Perkembangan Anak. http://www.sarihusada.co.id/kaderanak/kapopup/30. Diakses 15 januari 2015.

Setiadi. 2007. Konsep dan penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Soetjiningsih, C.H. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada

Soetjiningsih and Ranuh, IG.N.G. 2013. Tumbuh Kembang Anak, Edisi 2. Jakarta: EGC

Suherman. 2000. Buku Saku Perkembangan Anak. Jakarta: EGC

Sugiyono. 2011. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Stonehouse, A. 2010. Positive Toileting And Nappy Changing. http://ncac.acecqa.gov.au/educator-resources/factsheets/qias_factsheet_ 14_toileting_and_nappy_changing.pdf. Diakses 19 Mei 2015

Susilaningrum, R, Nursalam, and Utami, S. 2013. Asuhan keperawatan bayi dan anak : Untuk Perawat dan Bidan, Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika

Warner, P. 2006. Mengajari Anak Pergi ke Toilet. Editor Edisi Bahasa Indonesia, Surya Satyanegara. Jakarta : Arean

Wong, D.L. 2008.Buku Ajar Pediatrik Edisi 6. Jakarta: EGC

Alimul, A. 2007.Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.