GAMBARAN KINERJA PERAWAT DALAM PENERAPAN METODE ASUHAN KEPERAWATAN PROFESIONAL (MAKP) MODIFIKASI TIM-PRIMER DI RUANGAN DAHLIA RSUD UMBU RARA MEHA WAINGAPU SUMBA TIMUR

Pendrita Jeffri Ratu Andung, Ni Luh Putu Eka Sudiwati, Neni Maemunah

Abstract

Penerapan model asuhan keperawatan professional (MAKP) di ruangan dapat diterapkannya proses keperawatan dalam asuhan keperawatan sehingga terpenuhinya kepuasan pasien, keluarga dan masyarakat; kepuasan dan kinerja perawat ; terlaksananya komunikasi yang adekuat antara perawat dan tim kesehatan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan kinerja perawat dalam penerapan MAKP modifikasi tim – primerdi ruangan Dahlia RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Sumba Timur. Desain penelitian berupa metode deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak 12 perawat di ruangan Dahlia RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Sumba Timur dan sampel penelitian menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian membuktikan bahwa perawat melakukan kegiatan timbang terima dengan baik sebanyak 75 %, perawat melakukan pre conference dengan baik sebanyak 42 %, perawat melakukan post conference dengan cukup sebanyak 42%, perawat melakukan ronde keperawatan dengan kurang sebanyak 100%, perawat melakukan discharge planning dengan cukup sebanyak 50 %, perawat melakukan sentralisasi obat dengan baik sebanyak 67%, dan perawat melakukan dokumentasi keperawatan dengan baik sebanyak 67%. Total rata-rata kinerja responden (perawat) di ruangan dahlia RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Sumba Timur yang telah menerapkan metode asuhan keperawatan (MAKP) modifikasi tim-primer adalah cukup sebanyak 58%. Peneliti direkomendasikan menambah jumlah ruangan tempat penelitian sehingga dapat memberikan gambaran kinerja perawat yang optimal dengan jumlah tenaga yang cukup dalam penerapan metode MAKP modifikasi tim-primer untuk membandingkan kinerja perawat di ruangan yang sudah menerapkan MAKP dengan ruangan yang belum menerapkan MAKP.

Keywords

Kinerja Perawat, Modifikasi Tim–Primer.

Full Text:

PDF

References

Heru, S. 2008. Keperawatan Journal Artikel Etika Manajemen. Diakses pada tanggal 3 Nopember 2015.

Kuntoro, A. 2010. Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Yogyakarta : Penerbit Nuha Medika.

Maghfuri, A. 2015. Buku Pintar Keperawatan Konsep dan Aplikasi. Jakarta : CV Trans Info Media.

Marquis. Bassie. dkk. 2010. Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Teori dan Aplikasi. Jakarta : Edisi.4.

Nursalam. 2015. Manajemen Keperawatan. Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 5. Jakarta : Salemba Medika

Sitorus.R. 2006. Model Praktik Keperawatan Profesional di Rumah Sakit, Penataan Struktur dan Proses (Sistem) Pemberian Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat. Jakarta : EGC.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.