HUBUNGAN PELAKSANAAN MAKP KASUS DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INTENSIF (IRI) RS PANTI WALUYA SAWAHAN MALANG

Kristin Wahyu Oktavia, Ngesti W. Utami, Neni Maemunah

Abstract

MAKP (Metode Asuhan Keperawatan Profesional) kasus merupakan proses pemberian asuhan kesehatan yang bertujuan mengurangi fragmentasi, meningkatkan kualitas hidup, dan efisiensi pembiayaan sehingga hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan pelaksanaan MAKP kasus dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Intensif RS Panti Waluya Sawahan Malang. Penelitian ini menggunakan desain correlation dengan metode pendekatan cross sectional. Populasinya adalah semua pasien yang dirawat di Instalasi Rawat Intensif RS Panti Waluya Sawahan Malang sebanyak 34 orang. Besar sampel sebanyak 30 pasien dengan teknik pengambilan purposive sampling. Instrumen penelitian pada variabel independent pelaksanaan MAKP kasus menggunakan checklist dan pada variabel dependent kepuasan pasien menggunakan kuisioner. Analisa data menggunakan uji statistik Spearman Rank dengan derajat kemaknaan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 66,6% perawat melakukan prosedur pelaksanaan MAKP kasus dengan kategori baik, dan 60 % tingkat kepuasan pasien masuk dalam kategori puas. Hasil analisis bivariat menunjukkan Pvalue= 0,000 artinya ada hubungan pelaksanaan MAKP Kasus dengan Kepuasan Pasien. Direkomendasikan bagi rumah sakit dan manajer keperawatan supaya menjadi bahan pertimbangan dalam menyeleksi model MAKP untuk mengelola asuhan keperawatan yang akan diterapkan disetiap unit perawatan sehingga dapat memberikan pelayanan yang efisien bagi pasien serta memperhatikan juga efisien dari segi pembiayaan atau tenaga pelayanan yang diberikan.

Keywords

Kepuasan pasien, pelaksanaan MAKP kasus.

Full Text:

PDF

References

Abdilah dan Ramdan. 2009. Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Sidangkerto Kab Bandung Barat.

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/43706/2/reference.pdf Diakses 28 Februari 2017

Ba’diah, A. 2009. Hubungan Motivasi Perawat dengan Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Panembahan Senopati Bantul Tahun 2008. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan.2009;12(2):74-82.

Herisman SH. 2006. Hubungan Persepsi dan Motivasi Kerja Pegawai Administrasi dalam Rangka Meningkatkan Kinerja pada Pengadilan Negeri Bengkulu. Universitas Terbuka. Jakarta

Heru, Pratiwi Arum. 2009. Analisis Perbedaan Kepuasan Pasien Terhadap Asuhan Perawatan Antara Metode Fungsional dan Alokasi Pasien Di Rumah Sakit Islam Surakarta.

http://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/2037/BIK_Vol_2_No_2_2_Heru_Pujihastono.pdf?sequence=1&isAllowed=y. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2016.

Hidayah, N. 2014. Manajemen Model Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) Tim Dalam Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit.http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/kesehatan/article/download/60/33.Pdf, Diakses pada tanggal 29 Oktober 2016.

Magdalena, 2014. Pengaruh Penerapan Metode Tim Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di Unit Stroke Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang. Skripsi yang tidak dipublikasikan.

Natasia, N dkk. 2014. Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pelaksanaan SOP Asuhan Keperawatan di ICU-ICCU RSUD Gambiran Kota Kediri.

https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://jkb.ub.ac.id/index.php/jkb/article/ diakses 1 november 2016.

Nusalam, 2015. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional Edisi 5, Jakarta: Salemba Medika.

Supriyo. 2014. Model Keperawatan Manajemen Kasus.

http://diagnosa-keperawatan. kumpulan-askep.com/kelompok4-model-keperawatan-manajemen-kasus-96099/. Diakses pada tanggal 2 Februari 2017.

Wulandari, S dkk. 2012. Hubungan Pelaksanaan MPKP Metode Penugasan Perawat Primer Modifikasi Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Cendrawasih RSUD Wangaya Denpasar.http://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/viewFile/6456/4971.Pdf, Diakses pada tanggal 25 Oktober 2016.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.