PENINGKATAN PENDIDIKAN ORANG TUA SEBAGAI STRATEGI PENANGANAN KARIES GIGI ANAK USIA 7 - 9 TAHUN

Rama Prasuda, Joko Wiyono, Warsono Warsono

Abstract

Pendidikan orang tua sangat berpengaruh dalam pemeliharaan kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut anak karena pada usia tersebut anak masih bergantung pada orang tua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan karies gigi pada anak usia sekolah 7-9 tahun. Desain penelitian menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekaan cross sectional. Populasi sebanyak 80 responden dan sampel sebanyak 67 responden diambil berdasarkan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisoner dan lembar observasi. Uji statistic menggunakan uji korelasi spearman rank dengan taraf signifikan (α = 0,05) menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan sebanyak 26 ibu berpendidikan SMA dengan persentase (38,8%) dan sebanyak 27 anak mengalami karies gigi dengan presentasi (40,3%). Hasil uji korelasi spearman rank diperoleh pvalue sebesar = 0,000 < 0,050 maka Ho ditolak artinya ada hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan karies gigi pada anak usia sekolah 7 – 9 tahun. Berdasarkan hasil penelitian diperlukan peningkatan pengetahuan ibu tentang kesehatan mulut untuk mencegah terjadinya karies gigi pada anak usia sekolah.

Keywords

Anak usia 7-9 tahun, karies gigi, pendidikan orang tua.

Full Text:

PDF

References

Angela A. 2005. Pencegahan Primer Pada Anak Yang Berisiko Karies Tinggi. Maj Ked Gigi (Dent J).

Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Kesehatan Republik. 2007. Indonesia. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Nasional.

Dalimunthe. 2010. Penyebab karies gigi. Surabaya: Airlangga University Press.

Devi, Mazarina. 2004. Tingkat Pendidikan Ibu, Hubunganya dengan Prilaku Makan dan status gizi siswa sekolah dasar. diakses dari http://www.rudyct.com sabtu 17 Oktober 2014.

Hendyat Soetopo, Wasty Soemanto, pengantar operasional Administrasi Pendidikan, Surabaya :Usaha Dagang 1982.

Hockenberry, M.J. & Wilson, J. 2007. Wong’s nursing care infants and children. St. Louis: Mosby Years Book.

Ilyas, Yaslis. 2000. Studi status karies Gigi pendduk Indonesia. Makara: Nomer 4 seri A.

Oktrianda, B. 2011. Hubungan waktu, teknik menggosok gigi dan jenis makanan yang dikonsumsi dengan kejadian karies gigi pada murid SDN 66 Payakumbuh di wilayah kerja Puskesmas Lampasi Payakumbuh (Skripsi). Padang: Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Sondang P, T. Hamada. 2008. Menuju Gigi dan Mulut Sehat: Pencegahan dan Pemeliharaan. Medan: USU Press.

Sutriyanto, E. 2011. 80% Orang Indonesia Giginya Berlubang. http://www.tribunews.com Diakses pada tanggal 17 Oktober 2014.

Wahyuningkintarnasih, V. 2009. Beranai Unjuk Gigi. http://www.femina.co.id Diakses pada tanggal 17 Oktober 2014.

Wong. Et al. 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. (A. Hartono, S. Kurnianingsih, & Setiawan, Penerjemah). Jakarta: EGC.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.