HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR ANAK USIA MASA SEKOLAH DASAR 7-11TAHUN DI SD NEGERI 1 SUDIMORO DESA SUDIMORO KECAMATAN BULULAWANG KABUPATEN MALANG

Vicky Rudianto, Ni Luh Putu Eka Sudiwati, Neni Maemunah

Abstract

Tingkat Prestasi merupakan acuan dalam perkembangan anak dan juga sebagai tolok ukur suatu keberhasilan belajar siswa di sekolahnya. Adapun faktor yang mempengaruhi tingkat prestasi adalah faktor internal yaitu faktor psikologi yang muncul dari dalam individu dan faktor eksternal yaitu faktor keluarga yang seperti cara orang tua mendidik. Orang tua merupakan peranan penting dalam mendidik anak sebagai motor penggerak yang memegang kendali pertama dan utama dalam perkembangan tingkat prestasi belajar, salah satunya melalui pola asuh yang mendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan pola asuh dengan tingkat prestasi belajar pada anak usia masa sekolah dasar 7-11 tahun di SD Negeri 1 Sudimoro Desa Sudimoro Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian analitik korelasi yang menggunakan desain cross-sectional dan uji statistik menggunakan chi – square dengan 0,05. Karena menginklusi dalam penelitian ini adalah adalah Anak usia sekolah dasar 7-11 tahun. Masih memiliki orang tua asli bukan orang tua angkat. Kelas 4 - 5 SD di SD Negeri 1 Sudimoro Desa Sudimoro Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang yang berjumlah 53 Anak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun di SD Negeri 1 Sudimoro Desa Sudimoro Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang dari 53 responden didapatkan bahwa sebagian besar tingkat prestasi anak termasuk dalam kategori Baik sebanyak 50 anak (94.4 %) Sedangkan hasil chi – square nilai didapatkan p value = 0,070 < (0,05), sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan tingkat prestasi belajar pada anak usia masa sekolah dasar 7-11 tahun di SD Negeri 1 Sudimoro Desa Sudimoro Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang.

Keywords

Pola Asuh Orang Tua, Tingkat Prestasi Belajar Anak

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Anwar, 2008 Pengertian Pola Asuh Laporan PenelitianDinas Kesehatan Kabupaten Malang

Azwar, S. 2005. Tes PrestasiFungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi BelajarCetakan Ke Dua, Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar Offset

Baumrind, D 1971 Gaya Pengasuhan Anak. Dalam : Perkembangan Masa Hidup edisi ke lima Santrock, J. W. 2002 hal ( 257 – 259) Jakarta: Penerbit Erlangga.

Eko, R. 2013 Pengertian Pola asuh Orang tua.http://www.raseko.com/2013/05/pengertian-pola-asuh-orang-tua.html?m=1( di akses pada tanggal 10 Desember 2013, Pukul 00.15 )

Erikkson, Erik, 2011 Metode Perkembangan anak.http://www.ilmiahpsiko.com/2014/8/metode-perkembangan-anak-.html?m=1( di akses pada tanggal 28 Agustus 2014, Pukul 23.15 )

Hidayat, A. A. 2009 Pengantar Ilmu Keperawatan Anak I, Jakarta : Penerbit Salemba Medika.

Hidayat T, 2010 Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Todler. Laporan Penelitian. Fakultas Keperawatan Universitas Tribhuawana Tunggadewi.

Hurlock Elizabeth, 2000 Perkembangan Anak Jilid ke Pertama, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hurlock Elizabeth, 2002 Perkembangan Anak Jilid ke Dua, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Gronlund 2005.Prinsip – Prinsip Pengukuran Prestasi Belajar. Tes Prestasi Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar Cetakan Ke Dua, (Hal 18 – 22)

Maslihah, S. 2006. Perkembangan anak usia prasekolah. Materi disampaikan pada pelatihan training for trainer (tft) tingkat nasional lembaga pendidikan prasekolah raudhoh. Bandung: Bumi Kitri. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/197007262003122-SRI_MASLIHAH/MAKALAH_PELATIHAN.pdf (diakses pada tanggal 10 November 2013, Pukul 19.45 )

Notoatmodjo, S. 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo. 2010. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2003. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (Pedoman Skripsi, Tesis, Dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba medika.

Piaget, J. 2007 Teori Piaget Tentang Perkembangan Anak. Dalam Perkembangan

Anak edisi 11 jilid ke dua Santrock, J. W. 2002 (Hal 243 – 264) Jakarta: Penerbit Erlangga.

Santrock, J. W. 2007 Perkembangan Anak edisi 11 jilid ke pertama. Jakarta:Penerbit Erlangga.

Santrock, J. W. 2007 Perkembangan Anak edisi 11 jilid ke dua. Jakarta:Penerbit Erlangga.

Semiawan, C. 2008 Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar Cetakan II, Jakarta: Penerbit PT Indeks Anggota IKAPI.

Semiawan, C. 2009. Belajar dan Pembelajaran Pada Anak Cetakan IV, Jakarta: Penerbit PT Indeks Anggota IKAPI

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Penerbit PT. RINEKA CIPTA

Winkel dan Nasution . 2009 Konsep Prestasi Belajar . Materi disampaikan pada pelatihan training for trainer (tft) tingkat di Jakarta: BumiKitri.http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PENDIDIKAN/197007262003122..pdf diakses pada tanggal 10 Februari 2014, Pukul 22.45.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.