HUBUNGAN POLA ASUH ANAK YANG DI TITIPKAN DI TPA USIA 1-3 TAHUN DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU DI TPA SAMUPHAHITA KOTA MALANG

Rizki Nurrahman, Vita Maryah Ardiyani, Yanti Rosdiana

Abstract

Peran orangtua untuk membimbing anak dalam mengembangkan perilaku prososial semakin berkurang intensnya karena kesibukan orangtua khsusnya ibu bekerja seharian, sehingga cenderung kurang memiliki waktu dalammembimbing dan mendidik anak menjadi salah satu sikap terbaik orang tua untuk mengoptimalkan perkembangan anaknya adalah menitipkan anaknya ke TPA (Tempat Penitipan Anak) yang biasanya berdekatan dengan lokasi pekerjaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh dengan tingkat kecemasan ibu pada anak yang dititipkan usia 1-3 tahun di tempat penitipan anak Samuphahita Kota Malang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik korelasional pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh ibu (bekerja) yang menitipkan anaknya di tempat penitipan anak Samuphahita Kota Malang yang didapatkan dengan teknik total sampling sebanyak 20 orang. Data pola asuh dan data tingkat kecemasan didapatkan dengan cara memberikan responden lembar kuesioner dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji korelasi. Hasil penelitian didapatkan nilai signifikansi p-value = 0,00< 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kecemasan ibu pada anak yang dititipkan di tempat penitipan anak ditempat penitipan anak Samuphahita Kota Malang.

Keywords

Ibu yang menitipkan anaknya di TPA, pola asuh, tingkat kecemasan.

Full Text:

PDF

References

Departemen Kesehatan Republik Indonesia (Depkes RI) . 2011. Pedoman penanggulangan nasional TBC. Jakarta: Depkes RI.

Edward, D. C. 2006. Ketika Anak Sulit Diatur : Panduan Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: PT. Mizan Utama.

Habibi. 2007. Pengembangan Sistem ERP. (Online). http://www.theaccountant.info/cms/images/pedeep/pengembangan%20sistem%20terintegrasi.pdf. Diakses pada tanggal 17 Maret 2016.

Hurlock, E. B. 2006. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Ibrahim, A. 2007. Perbedaan Tingkat Kecemasan (anxietas) Antara Laki-laki dan Perempuan Pada Kasus PTSD (Post Trauma Stres Disorder) Korban Gempa Klaten Jawa Tengah. Skripsi. eprints.ums.ac.id/12612/16/8. Surakarta: Fakultas Kedokteran, UNS.

Notoatmodjo, S. (2012).Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka cipta.

Rachman, Kholilur. 2010. Kesehatan Mental. Purwokerto: Fajar Media Press.

Septiari, B. B. 2012. Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta: Nuha Medika.

Suliswati. 2005. Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Supartini, Y. 2004. Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

Susanto. 2006. Metode Penelitian Sosial. Surakarta: UNS Press.

Sutardjo, W. 2005. Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: Refika Aditama.

Wahyuni, E. N. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Yani & Wurandiati. 2009. Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Personal Sosial, Motorik, dan bahasa Anak Pra sekolah di PAUD Al-Hidayah. Vol 2 No 1. Jurnal Universitas Diponegoro Semarang.http://eprints.undip.ac.id/9475/1/article.pdf. Diakses pada tanggal 25 Mei 2016.

Yuliani, N. S. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.