PENGARUH TEKNIK RELAKSASI BENSON TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN TIDUR PADA LANJUT USIA DI POSYANDU LANSIA SRIKANDI WILAYAH PILANG KELURAHAN SUMBERSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Sri Franciska, Sri Mudayatiningsih, Mia Andinawati

Abstract

Kebutuhan tidur setiap orang sangat bervariasi dan tergantung pada usia. Lansia pada umumnya banyak yang mengalami gangguan dalam pemenuhan kebutuhan tidur baik kualitas maupun kuantitasnya.Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh tehnik relaksasi benson terhadap pemenuhan kebutuhan tidur pada lansia di Posyandu Lansia Srikandi Wilayah Pilang Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental dengan design one group pre test and post test design, yaitu rancangan eksperimen dengan cara sampel di amati sebelum dan setelah dilakukan treatment (perlakuan). Populasi dalam penelitian ini adalah lansia yang mengalami gangguan dalam pemenuhan kebutuhan tidur yang ada di Posyandu Lansia Srikandi Wilayah Pilang Kelurahan Sumbersari kecamatan Lowokwaru Kota Malang sebanyak 21 orang dan sampel penelitian menggunakan total sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu T-Test dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukan teknik relaksasi benson, pemenuhan kebutuhan tidur pada lansia ditemukan sebagian besar 10 orang lansia (47,62%) dikategorikan kurang, sesudah dilakukan teknik relaksasi benson, pemenuhan kebutuhan tidur pada lansia ditemukan sebagian besar 18 orang lansia (85,72%) dikategorikan baik, sedangkan hasil analisis T-Test didapatkan nilai thitung lebih esar dari ttabel (4,572) dengan nilai signifikan 0,000 < α (0,05) yang berarti data dinyatakan signifikan dan menerima H1. Artinya ada pengaruh teknik relaksasi benson terhadap pemenuhan kebutuhan tidur pada lanjut usia di Posyandu Lansia Srikandi Wilayah Pilang Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Lansia diharapkan untuk tetap melakukan teknik relaksasi benson untuk dapat memenuhi kebutuhan tidur.

Keywords

Pemenuhan kebutuhan tidur, teknik relaksasi benson.

Full Text:

PDF

References

Azizah. L. M. 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.

Benson, Herbert. MD. 2000. Respon Relaksasi: Teknik Meditasi Sederhana dan untuk Mengatasi Tekanan Hidup (terjemahan). Bandung: Mizan.

Carpenito, Lynda Juall. 2000. Serba-Serbi Manfaat dan Gangguan Tidur. Bandung: CV. Pionir Jaya.

Espie. Colin A. 2002. Insomnia : Conceptual Issue in the Development, Persistence, and Treatment of Sleep Disorder in Adult. Annual Reviews 53:215-43

Green dan Setyawati. 2005. Seri Buku Kecil Terapi Alternatif. Yogyakarta: Yayasan Spiritia.

Hidayat. 2012. Hubungan Fungsi Kognitif Dengan Tingkat Kemandirian Lansia Dalam Melakukan Aktifitas Sehari-Hari. Skripsi: Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (http://www.pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-lansia.pdf Diakses tanggal 1 November 2012.

Hudak, C.M & Gallo, B.M. 1997. Keperawatan Kritis: edisi 6. Jakarta: EGC. Halaman 79.

Setiati, Siti dkk. 2000. Pedoman Pengelolaan Kesehatan Pasien Geriantri untuk Dokter dan Perawat. Jakarta: Pusat Informasi dan Penerbit Bagian Ilmu Penyakit dalam FK-UI.

Stanley. 2012. Faktor Penyebab Susah Tidur. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Titus, Irto. 2011. Gambaran Perilaku Lansia Terhadap Kecemasan Di Panti Sosial Tresna Werdha Theodora Makassar. Skripsi: Universitas Hassanudin Makassar.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.