HUBUNGAN NYERI HAID (DYSMENORRHEA) DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PADA REMAJA PUTRI MTs MUHAMMADIYAH 2 MALANG

Rosi Dwi Susanti, Ngesti W. Utami, Lasri Lasri

Abstract

Dysmenorrhea merupakan sakit saat menstruasi yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari remaja putri. Menurut Kemenkes RI tahun 2016 prevalensi remaja putri di Indonesia yang mengalami kejadian nyeri sekitar 55%. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan nyeri haid (dysmenorrhea) dengan aktivitas belajar pada remaja putri di MTs Muhammadiyah 2 Malang. Desain penelitian mengunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 remaja putri dengan penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji spearman rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan lebih dari separuh 17 (56,7%) remaja putri mengalami nyeri haid (dysmenorrhea) berat dan lebih dari separuh 20 (66,7%) remaja putri mengalami aktivitas belajar cukup. Hasil uji spearman rank didapatkan p-value = (0,000) < (0,050) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan nyeri haid (dysmenorrhea) dengan aktivitas belajar pada remaja putri di MTs Muhammadiyah 2 Malang. Berdasarkan hasil penelitian untuk mengurangi rasa nyeri haid (dysmenorrhea) berat dengan mengkonsumsi minuman penurun nyeri haid, istirahat yang cukup, olahraga yang teratur, kompres dengan air hangat, memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran dan tinggikan posisi pinggul melebihi bahu ketika tidur telentang untuk membantu mengurangi nyeri haid.

Keywords

Aktivitas Belajar, Nyeri Haid (Dysmenorrhea), Remaja Putri

Full Text:

PDF

References

Calis. 2011. Dysmenorrhea. Bandung: Alfabeta.

Dianamawih. 2003. Kafein saat menstruasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fritz, L. 2010.Clinical Gynecologic Endocrinology and Infertility. USA: Lippincott Williams & Wilkins.

Hermawan. 2012. Disminore (nyeri saat haid). Jakarta : Salemba Medika.

Laila, N. 2011. Buku Pinta Menstruasi. Yogyakarta: Buku Biru.

Lestari, H. & Suryanto, D. 2010. Gambaran Disminore Pada Remaja Putri Sekolah Menengah Pertama di Manado. http://www.idai.or.id/.Diakses pada tanggal 8 April 2017.

Manuaba, I. 2001. Penuntun Kepaniteraan Klinik Obstetri dan Gibnekologi. Jakarta: EGC.

Medicastore. 2004. Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Nyeri Haid.http://medicastore.com/. Diakses pada tanggal 2 April 2017.

Ningsih, R. 2011. Efektifitas Paket Pereda Intensitas Nyeri Pada Remaja Dengan Disminore diSMAN Kecamatan Curup.http://lontar.ui.ac.id. Diakses pada tanggal 2 November 2017.

Suparyanto. 2011. Disminorea (nyeri haid) 1. Jakarta : Rineka Cipta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.