PENGARUH KOMPRES DINGIN TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI PADA WANITA YANG MENGALAMI DISMENORE DI RAYON IKABE TLOGOMAS

Fransiska Seingo, Ni Luh Putu Eka Sudiwati, Novita Dewi

Abstract

Dismenore adalah kejadian yang bersamaan dengan menstruasi yang dirasakan berupa nyeri. Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri yaitu kompres dingin. Kompres dingin mempunyai keuntungan bisa dilakukan sendiri dan memberikan rasa nyaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompres dingin terhadap penurunan intensitas nyerti pada wanita dewasa yang mengalami nyeri dismenore di Rayon IKABE Tlogomas. Desain penelitian menggunakan quasy eksperimen dengan mendekatan pre-test pos-test desain. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita dewasa yang mengalami menstruasi yang memenuhi kriteria inklusi yaitu mengalami nyeri haid,tidak melakukan penangganan nyeri sebelumnya (minum obat pereda nyeri,jamu,kiranti,minyak kayu putih dll), dan belum pernah menikah. Teknik yang digunakan adalahconsecutive sampling di dapatkan sampel sebanyak 20 dewasa awal dari 50 populasi. Instrumen menggunakan kusioner, metode analisa yang digunakan yaitu wilcoxon signed rank test dengan menggunakan SPSS. Hasil didapatkan p-value: (0,000) < (0,050) artinya pemberian kompres dingin berpengaruh pada penurunan nyeri dismenore. Disarankan pada wanita dewasa yang mengalami dismenore untuk melakukan kompres dingin sebagai penaganan pertama dan peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan kelompok kontrol sebagai pemanding efektifitas penurunan nyeri.

Keywords

Dismenore, Kompres Dingin, Nyeri.

Full Text:

PDF

References

Kozier, Barbara et al. 2009. Buku Ajar Praktik Keperawatan Klinis. Ed. 5. Jakarta : EGC.

Ratnasari Eka. 2015. Pengaruh Kompres Dingin Terhadap Penurunan Nyeri Persalianan Kala I Fase Aktif di BJS Ny.Mujiyati di Kabupaten Lamongan. Vol.11, No.2 : 143- 150.

Marni. 2014. Perbedaan antara relaksasi dan kompres terhadap penurunan skala nyeri haid pada mahasiswa di Akper Giri Satria Husada Wonogiri, vol. 1, no. 2, hh. 91-98.

Marlinda, & Purwaningsih, P. 2013. Pengaruh senam dismenore terhadap penurunan dismenore pada remaja putri di Desa Sidoarjo Kecamatan Pati. vol. 1, no, 2, hh. 118-123.

Ningsih, R . 2011. Efektifitas paket pereda terhadap intensitas nyeri pada remaja dengan dismenore di SMAN Kecamatan Curup’, tesis, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Potter & Perry .2005. Buku Ajar Fundalmental Keperawatan : KonsepProsesdanPraktikvolume 2.Edisi 4. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Priscilla, V & Ningrum, D. 2012. Perbedaan pengaruh teknik relaksasi nafas dalam dan kompres hangat dalam menurunkan dismenore pada remaja SMA Negeri 3 Padang, vol. 8, no. 2, hh. 187-195.

Rohmawati S & Ekawati H .2014. perbedaan pemberian kompres hangat dan aroma terapi terhadap penurunan nyeri menstruasi( dismenore)pada siswi kelas X1 Smk negri 1 kerangnugin.Vol.0I NO.XVII.

http://stikesmuhla.ac.id.pdf diakses pada tanggal 15 maret 2016.

Smeltzer & Bare. 2002. Buku ajar keperawatan medikal bedah. Eds.8.Jakarta: EGC.

Sulistyo, A. 2013. Konsep & Proses keperawatan Nyeri .Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.