HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG KANKER SERVIKS DENGAN SIKAP UNTUK MENGIKUTI IMUNISASI HUMAN PAPILLOMA VIRUS (HPV) DI KELURAHAN TLOGOMAS KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Petrasia Amelia L. Nahak, Roni Yuliwar, Warsono Warsono

Abstract

Faktor resiko terjadinya kanker serviks salah satunya adalah Usia pertama kali menikah, Menikah pada usia kurang 20 tahun dianggap terlalu muda untuk melakukan hubungan seksual dan berisiko terkena kanker serviks 10 - 12 kali lebih besar daripada mereka yang menikah pada usia > 20 tahun. Sejak diketahui bahwa HPV memiliki pengaruh yang besar terhadap kejadian kanker serviks, vaksinasi HPV merupakan pilihan yang ideal untuk program pencegahan kanker serviks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang kanker serviks dengan sikap untuk mengikuti imunisasi Human Papiloma Virus (HPV) di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Desain penelitian mengunakan desain analitik korelasional dengan pendekatan secara cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu-ibu yang sudah menikah kurang dari 21 tahun di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang sebanyak 35 orang dan sampel penelitian yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji Chi-Square dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa tingkat pengetahuan ibu tentang kanker serviks, sebagian besar dikategorikan baik sebanyak 27 orang ibu (77,14%) dan sikap untuk mengikuti imunisasi Human Papiloma Virus (HPV), sebagian besar dikategorikan Favorable (baik / positif / mendukung) sebanyak 35 orang ibu (100%), sedangkan hasil Chi-Square didapatkan Pearson Chi-Square = 0,029 < α (0,05) yang berarti data dinyatakan signifikan dan H1 diterima. Artinya ada hubungan pengetahuan ibu tentang kanker serviks dengan sikap mengikuti imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) pada ibu-ibu di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Keywords

Imunisasi Human Papilloma Virus (HPV), kanker serviks, pengetahuan, sikap.

Full Text:

PDF

References

Androphy, E. J. 2007. Human Papillloma Viruses and Warts. edisi IV. Philodelphia : Lippincott Williams & Wilkias.

Aziz, Mf, dkk. 2006. Buku Acuaan Nasional Onkologi Ginekologi. Edisi kedua. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

CDC (Center of Disease Control) US. 2010. Recommended Immunization for Adults by Age dalam FDA (Food and Drugs Administration)

Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur, 2011. Profil Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur. http://dinkes.jatimprov.go.id/index.php/15_jatim_2015.

Diakses tanggal 10 oktober 2015.

Junita, Friska. 2013. hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang kanker serviks dengan pemeriksaan pap smear di Rumah Sakit Umum Daerah Kota bekasi tahun 2013. http://journal.ugm.ac.id/bkm/article/view. Diakses tanggal 10 oktober 2015.

Kompas.com, 2011. Kanker Serviks Penyebab Kematian No.1 Di Dunia. http://nasional.kompas.com/2008/12/12/05444715/kanker.serviks.nomor.satu.di.Indonesia. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2015).

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Cetakan I. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam. 2003. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta : Salemba Medika.

Rasjidi M,2008.Manual prakanker serviks: kanker serviks. Edisi 1. Jakarta : CVSagung Seto.

Riskesdas. 2013. Prevalensi & Estimasi Jumlah Penderita Penyakit Kanker pada Propinsi di Indonesia. Jakarta : Info Datin Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.

Setyarini, E. 2009. Faktor – Faktor yang berhubungan dengan Kejadian Kanker Rahim di RSUD Dr. Moewardji Surakarta. http://journal.ugm.ac.id/bkm/article/view. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2015).

Soebacman, Agustina. 2011. Awas, 7 Kanker Paling Mematikan. Yogyakarta : Surya Media Utama.

Zimet,et al. 2005. Reason for non-Vaccinating Againts HPV and Future Vaccination Intention Among 19-26 year Old Women. Biomed Central Women’s Health, Vol 10.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.