HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA RUANGAN DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUMAH SAKIT ISLAM GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG

Mujisari Tri Rahayu, Tavip Dwi Wahyuni, Sulasmini Sulasmini

Abstract

Kesuksesan suatu organisasi dalam Rumah Sakit tergantung dari banyak faktor, antara lain yaitu tingkat sumberdaya manusia termasuk didalamnya perawat. Selain itu, pemimpin merupakan salah satu kunci yang sangat diperlukan karena seorang pemimpin mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama–sama melakukan aktivitas–aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan. Gaya kepemimpinan kepala ruangan merupakan yang diberikan untuk meningkatkan kinerja perawat pelaksana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan kinerja perawat pelaksana di Rumah Sakit Islam Gondanglegi Kabupaten Malang. Desain penelitian adalah deskriptif korelasi dengan metode survey analitik cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 32 responden yang diambil dengan teknik Purposive sampling. Analisa data hasil penelitian menggunakan uji spearman rank dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh reponden sebanyak 15 responden (47%) dalam kategori gaya kepemimpinan demokratis, sebanyak 30 responden (94%) dalam kategori kinerja dengan nilai standart. Hasil uji spearman rank didapatkan signifikansi output ρ = 0,03 ≤ α 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 1,00 yang berarti terdapat hubungan yang sangat erat antara gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan kinerja perawat pelaksana di Rumah Sakit Islam Gondanglegi Kabupaten Malang sehingga dengan demikian H1 diterima. Disarankan bagi pihak rumah sakit untuk terus meningkatkan kepemimpinan yang ada untuk mencapai kinerja yang lebih maksimal.

Keywords

Gaya Kepemimpinan, Kinerja Perawat Pelaksana.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, 2010. Metodologi Penelitian Edisi Revisi . Jakarta : Salemba Medika.

As’ad. 2003. Kepemimpinan Efektif Dalam Perusahaan. Ed.2. Yogyakarta : Liberty.

Asmuji, 2013. Manajemen Keperawatan : Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Bachtiar, Doni. 2012. “Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan”. “Management Analysis Journal”. Vol. 1 No. 1. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj. Diakses pada tanggal 23 mei 2015.

Budiman. Riyanto, A, 2013. Kapita selekta kuesioner pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Jakarta : Salemba Medika

Bustami, 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan Dan Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.

Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen personalia dan sumber daya manusia. Yogyakarta : BPFE

Hidayat, A. A. 2009. Metodelogi Penelitian Keperawatan Teknik Analisis Data. Jakarta. Salemba Medika

Hidayat, A. A. 2010. Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Ilyas, yaslis. 2004. Perencanaan SDM Rumah sakit : teori, metoda dan formula. Depok : fakultas kesehatan masyarakat, universitas Indonesia

Kartini, kartono. 2008. Pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Muninjaya, A.A.G. 2012.Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC

Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam. 2008. Konsep dan penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam. 2011. Manajemen keperawatan aplikasi dalam praktik keperawatan professional. Edisi 3. Jakarta. Salemba Medika.

Nursalam. 2012. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesinal. Edisi.3 Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2015. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesinal. Edisi.5 Jakarta : Salemba Medika.

Kadek, I Agus, dkk. 2015.Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan dengan Kinerja Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Umum Daerah RAA Soewondo Pati.

PPNI. 2000. Standar Asuhan Keperawatan Indonesia. Jakarta , The Author . http://www.inna-ppni.or.id. Diakses tanggal 23 Mei 2015.

Soeroso, Santoso, Dr. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia di Rumah Sakit. Jakarta : ECG.

Swanburg, R.C. 2000. Pengantar Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan: Untuk Perawat Klinis. Jakarta: EGC.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.