HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN LANSIA TENTANG HIPERTENSI DENGAN KEPATUHAN DALAM MEMINUM OBAT DI POSYANDU LANSIA DRUPADI

Hannys Shely Permata Sari, Joko Wiyono, Ragil Catur Adi W.

Abstract

Hipertensi merupakan masalah kesehatan global yang membutuhkan perhatian karena dapat menyebabkan kematian utama di negara-negara maju maupun negara berkembang. Berdasarkan data yang diperoleh posyandu di Bululawang sebagian besar warga menderita penyakit Hipertensi dengan jumlah 70 orang. Pada studi pendahuluan didapatkan sekitar 30 orang yang tidak mengerti tentang hipertensi karena mayoritas pendidikan warga adalah SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan lansia tentang hipertensi dengan kepatuhan dalam meminum obat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian korealisonal. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan hasilnya dianalisa dengan menggunakan chi square. Hasil penelitian menunjukan pengetahuan lansia tentang hipertensi 46% baik dan klien patuh dalam meminum obat 69%. Hasil dari analisa korelasi didapatkan kurang dari p-value 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat kepatuhan lansia tentang hipertensi dengan kepatuhan dalam meminum obat, semakin tinggi tingkat kepatuhan seseorang tentang penyakit hipertensi maka akan semakin tinggi pula tingkat kepatuhan dalam meminum obat. Saran dari hasil penelitian hendaknya petugas kesehatan meningkatkan pengetahuan lansia dengan penyuluhan pada saat posyandu lansia.

Keywords

Kepatuhan Minum Obat, Lansia, Pengetahuan tentang Hipertensi.

Full Text:

PDF

References

Arikunto S.2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik – Edisi Revisi., Cetakan. 14, - Jakarta : Reneka Cipta.

Handono, Sri. 2013. Upaya Menurunkan Keluhan Nyeri Sendi Lutut Pada Lansia Di Posyandu Lansia Sejahtera. Jurnal STIKES. Volume 6, No. 1, Juli 2013

Khomaini, Ayatullah. 2017. Pengaruh Edukasi Terstruktur dan Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi terhadap Penurunan Tekanan Darah Pasien Hipertensi Usia Lanjut: Uji Klinis Acak Tersamar Ganda. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia Vol. 4, No. 1 Maret 2017.

Nursalam.2011.Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika

Rampengan, Starry H. 2015. Hipertensi Resisten Jurnal Kedokteran Yarsi 23 (2) : 114-127 2015.R.Siti Maryam. 2008. Mengenal usia lanjut dan perawatannya. Jakarta : Salemba Medika

Tamher, S. 2011. Kesehatan Usia Lanjut dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Udjianti, Wajan Juni. 2013. Keperawatan Kardiosvakuler. Jakarta : Salemba Medika.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.