HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI LANSIA DALAM PENGELOLAAN PENYAKIT HIPERTENSI DI POLI INTERNA RST dr. SOEPRAOEN MALANG

Tyas Dwi Widiandari, Esti Widiani, Yanti Rosdiana

Abstract

Menurunkan resiko terjadinya peningkatan tekanan darah pada lansia dapat dilakukan dengan cara mengadopsi pola hidup sehat seperti olahraga, mengatur diet serta memeriksakan tekanan darah secara periodik. Hal ini membutuhkan motivasi yang kuat dari lansia hipertensi untuk melakukan pengelolaan penyakit hipertensi agar tidak menimbulkan komplikasi penyakit lain. Peran keluarga sangat berpengaruh terhadap motivasi lansia dalam melaksanakan pengelolaan penyakit hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga terhadap motivasi lansia dalam pengelolaan penyakit hipertensi di poli interna RST Soepraoen Malang. Penelitian ini menggunakan metode analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lansia dengan hipertensi di poli interna RS Tingkat II dr. Soepraoen Malang berjumlah 53 orang. Besar sampel sebanyak 46 orang dengan teknik pengambilan purposive sampling. Analisa data menggunakan uji statistik Pearson dengan derajat kemaknaan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 52,2% dukungan keluarga kepada lansia dalam pengelolaan penyakit hiperteni dalam kategori cukup, dan 63% motivasi lansia dalam pengelolaan penyakit hipertensi dalam kategori cukup. Hasil analisis bivariat menunjukkan hasil α = 0,000 < 0,05 maka H1 diterima, artinya ada hubungan antara dukungan keluarga (emosional dan penghargaan, fasilitas, dan informasional) dengan motivasi lansia dalam pengelolaan penyakit hipertensi di poli interna RST Malang. Direkomendasikan bagi RST Soepraoen Malang untuk dapat mengembangkan penyuluhan tentang pentingnya edukasi dukungan keluarga kepada lansia sehingga dapat meningkatkan motivasi lansia dalam mengelola penyakit hipertensi.

Keywords

Dukungan keluarga, Motivasi lansia, Pengelolaan penyakit Hipertensi

Full Text:

PDF

References

Aprilia, S. 2011. Motivasi Lanjut Usia Dalam Pencegahan Kekambuhan Hipertensi. Jurnal Keperawatan Vol 1. No. 1, Januari 2011. http://digilib.StikesIcme Jbg.ac.id/ojs/index.php/jip/article/download/27/26. Diakses pada tanggal 24 Desember 2016.

Harnilawati. 2013. Konsep dan Proses Keperawatan Keluarga. Sulawesi Selatan : Pustaka As Salam.

Herlina. 2013. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Perilaku Lansia Dalam Pengendalian Hipertensi. Jurnal Keperawatan Komunitas Vol 1 No 2, November 2013. http://com.infraware.office.link/files/.polink/10101469807542/. Diakses pada tanggal 24 Desember 2016.

Irwanto. 2008. Psikologi Umum Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia.

Karlina. 2012. Studi Literatur Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Pasien Stroke Dalam Memeriksakan Rehabilitasi. http://dss.constuctivelearning.info/36321992. Diakses pada tanggal 24 Desember 2016.

Maryam, R. Siti. 2008. Mengenal Usia Lanjut Dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Muhlisin, A. 2012. Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Noorkasiani, Tamher. 2009. Kesehatan Usia Lanjut Dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Shaleh, A. R. 2009. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: Prenada Media.

Setiadi. 2009. Konsep Dan Proses Keperawatan Keluarga. Surabaya: Graha Ilmu.

Suiraoka, IP. 2012. Penyakit Degeneratif (Mengenal, Mencegah, Dan Mengurangi Faktor Resiko 9 Penyakit Degeneratif). Jogjakarta: Nuha Medika.

Widayatun, T.R. 2009. Ilmu Perilaku. Jakarta: Sagung Seto.

Wulandhani. 2014. Hubungan dukungan keluarga dengan motivasi lansia Hipertensi dalam memeriksakan tekanan darahnya di puskesmas Harapan Jaya. Jurnal Vol 1 No 2 Oktober 2014, http://jom. Unri.ac.id/index.php/jonisik/article/view/3444. Diakses pada tanggal 24 Desember 2016.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.