PENGARUH PEMBERIAN KOMPRES AIR HANGAT TERHADAP DISMENORE PADA REMAJA PUTRI DI SMK PENERBANGAN ANGKASA SINGOSARI MALANG

Hawa Mahua, Sri Mudayatiningsih, Pertiwi Perwiraningtyas

Abstract

Menstruasi merupakan suatu tanda mulai matangnya organ reproduksi pada remaja. Ovulasi dan menstruasi regular mulai terjadi pada usia antara 6-14 bulan setelah menarche. Menstruasi biasanya identik dengan dismenore, sebagian wanita mengalami nyeri saat menstruasi dan mengalami gangguan fisik dan emosi menjelang masa ini, nyeri ini dikenal dengan istilah dismenore. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh pemberian kompres air hangat terhadap dismenore pada remaja putri di SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang. Desain penelitian ini adalah pra eksperimental dengan menggunakanone group pretest-postest. Jumlah populasi sebanyak 50 responden dan sampel diambil secara purposive sampling dengan jumlah 16 responden. Instrument yang digunakan adalah kuisioner dan lembar observasi Numerical Rating Scale (NRS) dengan menggunakan analisa datawilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diberikan kompres air hangat terdapat penurunan tingkat nyeri sedang dari 75% menjadi 18,8% responden dan terdapat 12,5% responden yang nyeri nya hilang. Uji analisis dengan wilcoxon signed rank test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 dan nilai Z= -3,317. Hasil ini menunjukkan bahwa (p-value < 0,05) artinya terdapat pengaruh yang signifikan dan efektif terhadap penurunan tingkat nyeri dismenore pada remaja putri di SMK Penerbangan Angkasa Singosari. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pemberian terapi kompres air hangat dapat menurunkan nyeri dismenore sehingga memberikan efek nyaman pada responden. Perlu dilakukan pemberian terapi kompres air hangat 15-20 menit pada klien yang mengalami dismenore.

Keywords

Kompres air hangat, nyeri dismenore, remaja putri.

Full Text:

PDF

References

Anonim, 2008. Nyeri di Hari Pertama. Available from : http:// www.kalbe.com.id. Diakses pada tanggal 25 februari 2016.

Arovah, N. 2010. Dasar-dasar Fisioterapi Pada Cidera Olahraga. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Harry, 2007, Mekanisme Endorphin Dalam Tubuh. Tersedia dalam (http:/klikharry.files.wordpress.com/2007/02/1.doc + endorphin + dalam + tubuh) Diakses tanggal 8 Mei 2016.

Hasanah, N.U. 2012. Efektivitas Kompres Air Hangat Dalam Mengurangi Dismenore Primer Pada Remaja Putri Di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fikes Unitri Malang.

Hidayat, A.A. 2007. Dasar-dasar Keperawatan Maternitas, edisi 6. Jakarta: EGC.

Marlinda, R., Rosalina., Purwaningsih, P. 2013. Pengaruh Senam Dismenore Terhadap Penurunan Dismenore Pada Remaja Putri di Desa Sidoarjo Kecamatan Pati. Vol 1, No. 2: 118-123.

Misaroh S. Menarche. Jogjakarta : Nuha Medika. 2009.h.57-137

Potter & Perry. 2006. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses, danPraktik. Vol 2. Edisi 4. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran ECG.

PPNI. 2002. Prosedur Perawatan Dasar. Jakarta: Direkturat Jendral Pelayanan Medik Depkes RI.

Rahayu S. Turlina. 2009. Pengaruh kompres hangat terhadap dismenore primer.pada mahasiswi semester VII S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Setiadi A. Kompas. 2007. Konsep dan Penelitian Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Simkin, Penny & Ancheta, Ruth.2005. Buku Saku Persalinan. Jakarta: EGC.

Sylvia A. Prince, Wilson. 2006. Patofisiologi konsep klinis proses proses penyakit. Edisi ke 6 vol 2. Jakarta: EGC.

Uliyah, Musrifatul & Hidayat, A. Aziz Alimul. 2008. Praktikum Klinik: Aplikasi Dasar-Dasar Praktik Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Wahyuningsih, A. 2012. Efektifvtas kompres hangat dalam menurunkan intensitas nyeri dysmenorrhea pada mahasiswi stikes rs. baptis kediri. Tersedia pada http://repository. usu.ac.id/bitstream/123456789/16724/4/ Chapter%20II. Pdf. Diakses pada tanggal 21 Januari 2014.

Wijayakusuma, Hartantik. 2012. Ilmu Kandungan. Jakarta: Rineka Cipta.

Yadi. 2008. Mencegah Menstruasi Sakit. Jakarta : Erlangga

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.