PENGARUH RELAKSASI “MEDITASI DZIKIR” TERHADAP INTENSITAS NYERI PREMSNTRUASI SYNDROME PADA REMAJA PUTRI DI SMP DARUSH SHOLIHIN KOTA BATU

Lulu Viandini, Sri Mudayatiningsih, Susmini Susmini

Abstract

Tubuh wanita akan terjadi perubahan kadar hormon khususnya pada masa sebelum menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik relaksasi “Meditasi Dzikir” terhadap penurunan intensitas nyeri Premenstruasi syndrome pada remaja putri di SMP Darush Sholihin Kota Batu. Desain penelitian ini Quasi Eksperimen Design dengan pendekatan one group pretest-posttest. Sampel 20 responden dari 85 populasi dengan menggunakan Sampling Purposive Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan alat ukur nyeri NRS (Numeric Rating Scale). Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan data biografi kemudian dianalisis uji paired sampel t test. Hasil penelitian sesudah diberikan teknik relaksasi nafas dalam hampir sebagian responden (30%) mengalami nyeri sedang, didapatkan nilai p value = 0,000 (p < 0,05) artinya ada pengaruh yang signifikan sesudah diberikan teknik relaksasi “Meditasi Dzikir”. Peneliti selanjutnya untuk memperhatikan faktor fisik serta pemantauan waktu pelaksanaan dalam melakukan teknik relaksasi nafas dalam.

Keywords

Meditasi Dzikir, Prementsruasi Syndrome, Relaksasi.

Full Text:

PDF

References

Brahm, Ajahn. 2008. Super Power Mindfulness, Jakarta: Ehipasiko Foundation.

Chaplin, J. P..2011. Kamus Lengkap Psikologi: Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cunningham, F. G. 2005. Obstetri williams. Jakarta: EGC. Ed. 21.

Haryanto, Sri. 2009. Meditasi Para Eksekutif. Untuk mencapai sukses dalam karir dan hidup. M-KAM: Manajemen Kesehatan Alami Mandiri.

Manan, El. 2011. Miss V. Yogyakarta: buku biru.

Nasriati, ririn. 2015. Kombinasi Edukasi Nyeri Dan Meditasi Zikir Meningkatkan Adaptasi Nyeri Pada Pasien Pasca Operasi Fraktur. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Proverawati dan Misaroh. 2009. Menarche Menstruasi Pertama Penuh Makna. Yogyakarta: Nuha Medika.

Smeltzer, Suzanne C. dan Bare, brenda G. 2013. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner Dan Suddarth (ed. 8, vol. 1, 2). Jakarta: EGC.

Suryani, Luh Ketut. 2000. Meditasi Relaksasi Spirit Suryani. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.