PENGARUH LATIHAN KARATE TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SDN 01 LANDUNGSARI KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG

Eti Wulandari, Atti Yudiernawati, Neni Maemunah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Latihan Karate terhadap Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Sekolah Dasar di SDN 01 Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Desain Penelitian Komparatif dengan Pendekatan case control dengan pengambilan sampel dengan cara purposive sampling berjumlah 46 orang terdiri dari 23 orang yang mengikuti latihan karate dan 23 orang yang tidak mengikuti latihan karate. Pengumpulan data menggunakan lembar kuisioner dan kemudian di analisa dengan ujian paired sample t-test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengisian kuesioner. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juni sampai Agustus Hasil penelitian menunjukan bahwa anak usia sekolah dasar yang mengikuti latihan karate cukup baik lebih dari separuh (56,5%) mengalami kecerdasan emosional cukup baik, dengan nilai p-value = (0,003) < (0,050) artinya H1 diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan sesudah diberikan teknik latihan karate. Anak usia sekolah dasar yang tidak mengikuti latihan karate lebih dari separuh (47,8%) mengalami kecerdasan emosional kurang baik. Hasil ini di pengaruhi olehlatihan karate berfungsi meningkatkan kematangan berbagai organ tubuh dalam memenuhi perkembangan motorik, kognitif, sosial emosional dan kepribadian anak.Diharapkan peneliti selanjutnya melaku latihan karate dengan mengukur kecerdasan emosional anak sebelum dengan sesudah latihan karate.

Keywords

Anak Usia Sekolah, Kecerdasan Emosional, Latihan Karate

Full Text:

PDF

References

Andria, 2012. Institusi Karate-Do Indonesia.http://inkaijiwaku blogspot.com.Diakses tanggal 17 Desember 2012.

Arikunto, S.2010. ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Eka, M, R. 2007. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Golman, Daniel. 2003. Kecerdasan Emosi . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Jerard. 2005. FaktaTentang Seni Bela diri for kids http:/www.talewins.com /protectyourself/martialkids.htm. Diakses tanggal 17 Desember.

Kanazawa, H.2006. Black Belt Karate, Power comes the lower abdomen, techniques from the hips,Japan: The Intensive Course. Editing dan alih bahasa oleh Bachtiar Effendi.

Notoatmojo. 2010. Metodeologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: RinekaCipta.

Nursalam. 2013. Metode Penelitian Keperawatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Octavia, L, Erwati, Arjun.F.,Taat. A. 2009. Bela Diri Muslimah’, Jakarta: PT Mizan Publika.

Rielly, R. L. 2004. Karate Kids Berilustrasi. Jepang: Yokohama.

Roberts, R.E., Bain1 P.G., Day ,B.L. , M. Husain. 2012. Individual Differences in Expert Motor Coordination Associated with White Matter Microstructure in the Cerebellum.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Bandung: Alfabeta.

Surya, H. 2007. Percaya diri itu Penting. Jakarta : PT Elex Media.

Tridhonanto, dkk. 2002.Melejitkan kecerdasan Emosional (EQ) Buah Hati. Jakarta: Allex Media Komputido.

Wahid.A. 2010.Karate Lemkari.http: //sites google.com/tite/website. Diakses tanggal 17 Desember 2012.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.