HUBUNGAN MODEL ASUHAN KEPERAWATAN PROFESIONAL (MAKP) TIM DENGAN TINGKAT KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT PANTI WALUYA (RKZ) MALANG

Rupisa Rupisa, Sri Mudayatiningsih, Yanti Rosdiana

Abstract

Kepuasan kerja perawat pada praktik keperawatan tercapai apabila perawat merasa telah memberikan kontribusi, dianggap penting, mendapat dukungan dari sumber-sumber yang ada dan outcome keperawatan banyak tercapai. Metode tim merupakan suatu metode pemberian asuhan keperawatan dimana seorang perawat profesional memimpin sekelompok tenaga keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan kelompok klien melalui upaya kooperatif dan kolaburatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Model Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) tim terhadap tingkat kepuasan perawat di Rumah Sakit Panti Waluya (RKZ) Malang. Desain penelitian ini dilakukan dengan metode korelasi yang bersifat cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perawat di Rumah Sakit Panti Waluya (RKZ) Malang yaitu sebanyak 372.Sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling yaitu 79 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan Model Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) tim di Rumah Sakit Panti Waluya (RKZ) Malang hampir seluruh 69 responden (87,3%) dikategorikan baik, kepuasan perawat di Rumah Sakit Panti Waluya (RKZ) Malang, hampir seluruh 64 responden (81,0%) dikategorikan sangat puas, dan hasil analisis data terdapat hubungan Model Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) tim terhadap tingkat kepuasan perawat di Rumah Sakit Panti Waluya (RKZ) Malang dengan nilai signifikan sebesar 0,001 (p ≤ 0,05), sehingga dapat dismpulkan ada hubungan model asuhan keperawatan profesional (MAKP) tim dengan tingkat kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Panti Waluya (RKZ) Malang.

Keywords

Kepuasan Perawat, Metode Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) Tim

Full Text:

PDF

References

Andriani, L. 2012. Kepuasan Kerja Perawat Pada Aplikasi Tim Primer Dalam Pelaksanaan Tindakan Asuhan Keperawatan (Studi Kuantitatif Di Rumah Sakit Dr. Saiful Anwar Malang.Jurnal Aplikasi Manajemen, Volume 10, Nomor 2.http://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/433. Diakses pada tanggal 6 September 2016

Davis, K. 2002. Perilaku dalam Organisasi. Alih Bahasa: Agus Dharma. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Hidayah, N. 2014.Manajemen Model Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) Tim dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit.Jurnal Kesehatan, Volume VII NO.2.http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/60. Diakses pada tanggal 20 April 2017

Huber, D. 2006. Leadership and Nursing Management Care.Phyladelphia: Sounders Elsevier.

Mangkunegara, P. A. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Mangkunegara.P. A. 2007. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama

Munandar, A. S. 2001. Budgeting, Perencanaan Kerja Pengkoordinasia Kerja Pengawasan Kerja. Edisi Pertama. Yogyakarta : PT. Rineka Cipta.

Nursalam.2002. Manajemen Keperawatanm Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional.Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2009. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dan Praktik KeperawatanProfesional, Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2013. Manajemen Keperawatan, Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional (Edisi 4). Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam. 2015. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Keperawatan Profesional, Edisi 5. 2015. Jakarta : Salemba Medika.

Robbins, S. P. 2001. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Alih Bahasa Pujaatmaka, H. Jakarta : PT Prenhalindo

Robbins, S. P. 2009. Organizational Behavior.(13th Edition). New Jersey : Prentice-Hall International Inc.

Sigit, A. 2009.Pengaruh Fungsi Pengarahan Kepala Ruang dan Ketua Tim terhadap Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di RSUD Blambangan Banyuwangi.Tesis. FIK UI. Depok.http://http://www.e-jurnal.com/2013/10/pengaruh-fungsi-pengarahan-kepala-ruang.html. Diakses pada tanggal 10 Maret 2017

Suarli, S. & Yanyan, B. 2010. Managemen Keperawatan. Jakarta : EGC

Thompshon, P., & Stanowski, A. 2009. Maximizing Nursing Productivity the Benefi ts of Impoved Collaboration Between Nursing and Services. Journal of the Healthcare Financial Management Association, 63, 76-80, 82, 85.https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19161034. Diakses pada tanggal 12 Februari 2017.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.