PENGARUH LABU SIAM (Cucurbitaceae) TERHADAP TEKANAN DARAH DAN KOLESTEROL PADA PASIEN HIPERTENSI DI KELURAHAN TLOGOMAS MALANG

Siti Nurhalimah, Susi Milwati, Sulasmini Sulasmini

Abstract

Penyakit darah tinggi merupakan peningkatan abnormal tekanan darah, baik tekanan darah sistolik maupun tekanan darah diastolik, sedangkan kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol sejenis lipid yang merupakan molekul lemak dalam aliran darah. Cara penurunan tekanan darah tinggi dan kolestrol pada penderita hipertensi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara salahsatunya dengan menggunakan labu siam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh labu siam terhadap tekanan darah dan kolesterol pada pasien hipertensi di Kelurahan Tlogomas Malang. Desain penelitian mengunakan desain Pra-Eksperimental di lapangan dengan desain One-Group Pra-Post Test Design. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling, dimana pengambilan sampel dipilih sesuai ketentuan peneliti dengan jumlah 30 pasien hipertensi Kelurahan Tlogomas Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji paired t-test dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan sebelum diberikan labu siam lebih dari separuh (60,0%) responden memiliki tekanan darah hipertensi tingkat 2 dan kurang dari separuh (46,7%) responden mengalami kolesterol mengkhawatirkan pada pasien hipertensi, sedangkan sesudah diberikan terapi herbal (labu siam) kurang dari separuh (46,7%) responden memiliki tekanan darah hipertensi tingkat 1 dan lebih dari separuh (60,0%) responden mengalami kolesterol normal pada pasien hipertensi. Ada pengaruh labu siam terhadap tekanan darah dan kolesterol pada pasien hipertensi dengan p-value tekanan darah sebesar 0,000 < 0,050 dan p value kolesterol sebesar 0,000 < 0,050. Disarankan bagi pasien hipertensi mengkonsumsi labu siam yang di buat jus atau rebus secara rutin setiap sore hari sampai tekanan darah dan kolesterol normal.

Keywords

Kolesterol, pasien hipertensi, terapi herbal labu siam, tekanan darah.

Full Text:

PDF

References

Jayani, I. 2016. Pemberian Labu Siam Berimplikasi Terhadap PerubahanTekanan Darah Ibu Hamil Preeklampsi. Jurnal: Care.Volume. 4. No. 2.https://jurnal.unitri.ac.id/. Diakses pada tanggal 25 Mei 2015.

Darmojo, H. 2010. Geriatrik (Ilmu Kesehatan) edisi 3. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Depkes RI. 2013.Profil Kesehatan Indonesia2013 Menuju Indonesia Sehat. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Fridalni, N. 2013. Pengaruh Pemberian Jus Semangka (Cilitrus Vulgaris Schrad) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Lansia Dengan Riwayat Hipertensi Di Kota Padang.Jurnal: Siteba Padang. Volume. 7. No. 9.http://docplayer.info/38510928-Pengaruh-pemberian-jus-semangka-cilitrus-vulgaris-schrad-terhadap-penurunan-tekanan-darah-lansia-dengan-riwayat-hipertensi-di-kota-padang.html. Diakses pada tanggal 17 Mei 2016.

Gunawan, D. 2012. Ilmu Obat Alam (Farmakognosi). Jilid I. Jakarta: Penebar Swadaya.

Guyton, A.C. 2008. Fisiologi Kedokteran. Jakarta: EGC

Julianti ED, Nurjanah. 2013. Bebas Hipertensi Dengan Terapi Jus Labu Siam. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Mansjoer. 2011. Ilmu Penyakit Dalam Pada Lansia. Jakarta: Rineka Cipta.

Margarita. T. 2014. Kadar Kolesterol Total dan Tekanan Darah Orang Dewasa Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia

Nurjannah T. 2015. Efektifitas Kombinasi Terapi Kukusan Labu Siam Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Dengan Hipertensi. Jurnal: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Volume. 5. No.http://download.portalgaruda.org/article.php?article=186750&val=6447&title=Efektifitas%20kombinasi%20terapi%20kukusan%20labu%20siam%20dan%20senam%20anti%20stroke%20terhadap%20penurunan%20tekanan%20darah%20pada%20%20Pasien%20dengan%20hipertensi. Diakses pada tanggal17 Mei 2016.

Robinson, T. 2009. Kandungan Organik Tumbuhan Tinggi. Penerjemah: Kokasih Padmawinata. Bandung: ITB.

Saidin, M. 2010. Kandungan Kolesterol Dalam Berbagai Makanan, Jakarta: Buletin Penelitian Kesehatan.

Sudibyo, A. 2014. Efek Jus Buah Labu Siam (Sechium Edule Swartz) Terhadap Tekanan Darah Normal Laki-Laki Dewasa.Jurnal: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Volume. 1. No. 4repository.maranatha.edu/2623/. Diakses pada tanggal 17 Mei 2016.

Wasito, H. 2011. Obat Tradisional Kekayaan Indonesia. Edisi. 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yogiantoro. 2012. Hipertensi Essensial Dalam Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam (Edisi IV) (Jilid I). Jakarta: FKUI.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.