PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG UGD DENGAN RAWAT INAP PUSKESMAS DAU MALANG

Muhammad Ibrahim, Susi Milwati, Neni Maemunah

Abstract

Tingkat kepuasan pasien didasarkan oleh adanya pelayanan kesehatan yang berkualitas, sehingga pelayanan kesehatan dituntut profesional, cepat, bersih dan ramah tanpa memandang pasien di Ruang UGD Dan Rawat Inap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualiatas pelayanan perawat dengan kepuasan pasien di ruang UGD dan rawat inap di Puskemas Wisata Dau. Desain penelitian menggunakan komparatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 152 orang, sampel penelitian ditentukan dengan teknik quota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 68 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisa data yang digunakan yaitu ujimann whitney dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan kualitas pelayanan perawat di ruang UGD sangat baik yaitu70,6% dan 55,9% di ruang rawat inap, kepuasan pasien 73,5% di ruang UGD merasa puas dan 61,8% di ruang rawat inap merasa sangat puas dengan kualitas pelayanan perawat. Hasil uji mann whitney didapatkan p-value kualitas pelayanan = (0,002) < (0,05) dan p-value kepuasan pasien = (0,001) < (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kualitas pelayanan perawat, kepuasan pasien di ruang UGD dengan rawat inap Puskesmas Wisata Dau. Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan tenaga kesehatan untuk lebih memperhatikan penampilan yang baik dan rapi dalam pemberian pelayanan pada pasien di ruang UGD dan rawat inap yang dapat meningkatkan kepuasan pasien.

Keywords

Kepuasan pasien, kualitas pelayanan perawat, pasien UGD, pasien rawat inap.

Full Text:

PDF

References

Andika. 2016. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Tentang Pelayanan Keperawatan Antara Pasien UGD dan Rawat Jalan di Bangsal Kelas III RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan.Jurnal Kesehatan (Vol. 1, No. 1): Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. http://www.stikesmuh-pkj.ac.id/jurnal/html Diakses padatanggal 02 Maret 2017

Aziz. L. M. 2008. Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Azwar, A. 2013. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Depkes RI. 2010. Pedoman Pembinaan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Depkes

Depkes RI. 2011. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2011. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.www.depkes.go.idDi akses padatanggal 02 Maret 2017

Efendi, F. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Indrawati. 2013. Manajemen Keperawatan Dan Komunikasi Keperawatan. Jakarta: Graha Ilmu

Kemenkes RI, 2011. Peraturan Pemerintah No. 94 tahun 2001 dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.279/MENKES/SK/IV/. kementerian kesehatan indonesia

Kurniadi, A. 2013. Manajemen Keperawatan Dan Prospektifnya. Teori, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: FKUI.

Maulana, A. 2013. Sistem Pelayanan Kesehatan, Tujuan Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Mundakir. 2011. Komunikasi Keperawatan Aplikasi Dalam Pelayanan.Yogyakarta: Graha Ilmu

Pohan, I. 2010. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Saifuddin, AB. 2011. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawihardjo.

Simamora, R. 2009. Dokumentasi Proses Keperawatan. Jember: Jember University Press

Supriyanto, E. 2010. Faktor-Faktor Kepuasan Kerja. Thesis: Universitas Indonesia.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Pendidikan Theran Iran.Jurnal Kesehatan (Vol. 1, No. 2): Universitas Indonesia.http://www.ui.ac.id/penelitian/jurnal-nasional.htmlDiakses padatanggal 02 Maret 2017.

Wijayanti, L. 2009. Analisa Faktor Penentu Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul.Jurnal Kesehatan (Vol. 2, No. 1): Universitas Islam Indonesia. https://journal.uii.ac.id/index.php/JEPdf. Diakses pada tanggal 02 Maret 2017.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.