PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP PENINGKATAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD MAWAR TLOGOMAS MALANG

Lia Purnama Sari, Tavip Dwi Wahyuni, Ronasari Mahaji Putri

Abstract

Anak membutuhkan stimulus dalam meningkatkan kemampuan motorik halus seperti melakukan senam otak, yang bertujuan memfasilitasi bagian otak kanan dan otak kiri agar dapat bekerja secara seimbang untuk merangsang sistem emosional dan gerakan motorik halus anak.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap peningkatan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Mawar Tlogomas Malang. Desain penelitian mengunakan desain pre eksperimen dengan onegroup pre test and post test design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 anak dengan penentuan sampel penelitian menggunakan total sampling sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi berdasarkanDenver II. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji wilcoxon rank test dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebelum dilakukan senam otak lebih dari separuh 17 (56,7%) anak usia 3-4 tahun memiliki motorik halus fall dan sesudah dilakukan senam otaklebih dari separuh 18 (60,0%) anak usia 3-4 tahun memiliki motorik halus passed. Hasil uji wilcoxon rank testdidapatkan p value= (0,000) <(0,050) sehingga dapat disimpulkan bahwaada pengaruh senam otak terhadap peningkatan motorik halus anak usia3-4 tahun di PAUD Mawar Tlogomas Malang. Berdasarkan hasil penelitian maka untuk meningkatkan motorik halus perlu diterapkan senam otak pada anak dengan dampingan guru sebelum memulai pelajaran di sekolah.

Keywords

Terapi, prasekolah, senam otak, motorik, pengaruh.

Full Text:

PDF

References

Ainur R. 2009. Pengaruh senam otak terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas 1 SDN Gedangan 4 Kecamatan Gedangan

Dennison, P.E., and Dennison, G.E 2008. Brain Gym. Jakarta: PT. Graindo

Depkes. 2006. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Tumbang anak. Jakarta

Desmita 2010. Psikologi Perkembangan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Fitria. 2011. Pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Tingkat Stres Pada Remaja Kelas XII IPA 1 Dan XII IPA 6 Di SMA Negeri 7 Padang: Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Indraswari.2011.Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Skripsi.

Masrurin, 2014. Pengaruh Senam Otak Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Sabilul Muhtadin Puri-Mojokerto.

Nuria, Hilda. 2009. Efektivitas Brain Gym Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Di TK & Playgroup Kreatif Primagama Malang, Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Tidak Diterbitkan.

Prihastuti. 2009. Pengaruh Senam Otak Terhadap Peningkatan Kecakapan Berhitung Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi Unair. Surabaya

Putranto, Puji L. 2009. Pengaruh Senam Otak Terhadap Fungsi Memori Jangka Pendek Anak Dari Keluarga Status Ekonomi Rendah. [Tesis]. Semarang: Fakultas Ilmu Kesehatan Anak, Universitas Diponegoro

Santrock, Jhon. 2007. Perkembangan Anak. EGC.Jakarta

Saputra. 2010. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Susanto, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya.Jakarta : PT Kencana Perdana Media Group

Suyanto, 2008. Konsep Dasar Anak Usia Dini: Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Yuniarti. 2010. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun Di Yogyakarta.http://eprints.ums.ac.id/9517/

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.