FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES PADA PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS WISATA DAU MALANG

Astri Astri, Farida Halis Dyah Kusuma, Esti Widiani

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit sistem kardiovaskuler yang paling banyak ditemui dibandingkan dengan penyakit sistem kardiovaskuler lainnya. Data World Health Organization (WHO) mencatat lebih dari satu dari setiap tiga orang dewasa atau satu miliar orang di dunia mengidap hipertensi. Diperkirakan jumlah penderita hipertensi akan meningkat menjadi 1,6 milyar menjelang tahun 2025. Tujuan penelitian adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi stres pada pasien hipertensi di Puskesmas Wisata Dau Malang. Desain penelitian bersifat korelasional menggunakan pendekatan scross sectional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pasien hipertensi yang mengalami stres di Puskesmas Wisata Dau Malang sebanyak 102 orang dimana data di ambil dari data pasien yang berkunjung pada bulan Maret 2016. Sampel penelitian menggunakan teknik accidental sampling yaitu sebanyak 31 orang. Instrumen pengumpulan data adalah kuesioner. Teknik analisa data menggunakan analisis spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh faktor kepribadian, faktor kognitif dan faktor lingkungan terhadap stres pada pasien hipertensi di Puskesmas Wisata Dau Malang, dan faktor lingkungan lebih dominan berpengaruh terhadap stres sebesar 74,9% serta terdapat pengaruh faktor lingkungan terhadap stres pada pasien hipertensi didapatkan nilai sig –0,006 (< 0,050) yang berarti data dinyatakan signifikan dan H1 diterima, artinya ada pengaruh faktor lingkungan terhadap stres pada pasien hipertensi di Puskesmas Wisata Dau Malang.

Keywords

Hipertensi, Puskesmas Wisata Dau, stres.

Full Text:

PDF

References

Abolfotouh, M.A. Sallam, S.A. Mohammed, M.S. Loutfy, A.A. & Hasab, A.A., 2011. Prevalence of Elevated Blood Pressure And Association With Obesity in Egyptian School Adolescents. International Journal of Hipertension, 2011, pp.1-8.

Depkes RI. 2009. Menyokong Penuh Penanggulangan Hipertensi. http://www.depkes.go.id/. Diakses pada tanggal 15 April 2011

Dewi, R. 2011. Penyakit Pemicu Stroke. Yogyakarta: Nuha Medika

Endang Triyanto. 2014. Pelayanan Keperawatan Bagi Penderita Hipertensi secara Terpadu. Yoyakarta: Gaha Ilmu

Lora, M. Diyanna. 2015. Pengaruh Pendekatan Kognitif untuk Mengurangi Stres dalam Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Angkatan 2013/2014. Empathy Jurnal Fakultas Psikologi, Volume 3, No 2 November 2015.

Purwanto, M. N. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riskesdas. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI

Sari, D.K. 2009. Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tentang Pembuatan Karya Tulis Ilmiah. Politeknik kesehatan Malang

Sunaryo. 2004. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC

Sumbayak, Bima Sandro. 2008. Hubungan antara Tipe Kepribadian Big Five Personality dengan Coping Stres pada Polisi Reserse Kriminal Poltabes Medan. Skripsi, Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara. Medan.

Susilo, Tri. 2012. Analisis Pengaruh Faktor Lingkungan Kerja Fisik dan Lingkungan Kerja Non Fisik Berpengaruh Negatif dan Signifikan Terhadap Stres Kerja Karyawan PT. Indo Bali di Kecamatan Egara, Kabupaten Jimbaran Bali. ejournal.upnjatim.ac.id.

Waningsiha. 2012. Hubungan Jenis Kelamin, Konsumsi Mie Instan, Minuman Suplemen dan Kebiasaan Merokok dengan Kejadian Hipertensi pada Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (Skripsi). Semarang: Unimus Universitas Muhammadiyah Semarang

Wirawan. 2012. Menghadapi Stres dan Depresi. Jakarta: Platinum

World Health Organization (WHO). World health day. 2013. Calls For Intensified Efforts To Prevent And Control Hypertension.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.