HUBUNGAN PENGETAHUAN ANAK TENTANG POLA HIDUP SEHAT DENGAN KEJADIAN DIARE PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN MERJOSARI 2 KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Agustina Olo Asa, Swito Prastiwi, Ani Sutriningsih

Abstract

Diare merupakan salah penyakit infeksi utama yang lebih sering menyerang pada anak-anak. Penyakit ini terutama disebabkan oleh makanan dan minuman yang terkontaminasi akibat akses kebersihan yang buruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk hubungan pengetahuan anak tentang pola hidup sehat dengan kejadian diare pada anak sekolah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain analitik korelasional (corrlational study). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak sekolah yang bersekolah di SDN Merjosari 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dan samping yang di gunakan adalah purposive sampling yaitu sebanyak 60 siswa yang tersebar di kelas 1 - 6. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu Spearman Rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan pegetahuan anak pola hidup sehat sebagian besar dikategorikan memiliki pengetahuan baik yaitu sebanyak 51 siswa (85,0%) dan kejadian diare sebagian besar dikategorikan tidak mengalami diare yaitu sebanyak 52 siswa (86,67%).Hasil uji statistik dengan menggunakan Spearmen Rank didapatkan nilai Sig. (signifikan)= 0,031 < α (0,05) yang berarti data dinyatakan signifikan atau H0 ditolak. Artinya ada pengetahuan anak tentang pola hidup sehat dengan kejadian diare pada anak sekolah SDN Merjosari 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Diharapkan orang tua untuk memperhatikan anaknya dalam menjalankan pola hidup sehat seperti menginformasikan kepada anak tentang pola hidup sehat, ketersediaan air bersih yang cukup di rumah, menjaga lingkungan rumah agar tetap bersih, mengajari anak untuk menccuci tangan dengan air bersih dan sabun, serta menjaga kebersihan makanan yang dimakan oleh anak.

Keywords

Diare, Pengetahuan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Full Text:

PDF

References

Alimul Aziz, 2006. Penggantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta : Salemba Medika.

Depkes RI. 2010. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2010. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI.

Depkes RI. 2002. Panduan manajemen PHBS Menuju Kabupaten/Kota Sehati. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Dinkes Kota Malang. 2014. Profil Kesehatan Kota Malang Tahun 2014. Malang: Dinas Kesehatan Kota Malang.

Green, Lawrence. 1999. Health Edukation Planning A Diagnotic Approach Baltimore. The John Hopkins University, Mayfield Publishing Company View 1999.

Hartono, R, 2007. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Diare Dengan Praktik Penanganan Diare Pada Balita Di Desa Sawojajar Wanasari brebes [Skripsi]. Medan: Universitas Sumatra Utara

Kemenkes RI. 2010. Buku Saku Lintas Diare untuk Petugas Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Jakarta : Vol.2 No.1.

Khalili, B., Gorbanali, S., Khalili, M., Mardani, M., & Cuevas, L.E. 2006. Risk factors for hospitalization of children with diarrhea in Shahrekord, Iran. Iranian Journal of Clinical Infectious Diseases, 1 (3).

Kotler. 2002. Pola Hidup di Dunia. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Muliawan, Taufan Azwin. 2009. Hubungan Antara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Tatanan Rumah Tangga dengan Kejadian Diare pada Anak Umur 6-12 Tahun di Wilayah Kerja Puskesmas kersana Kabupaten Brebes Tahun 2008. Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang.

Notoatmodjo S, 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suratno dan Rismiati. 2001. Kelas Sosial dan Status dalam Masyarakat. Yogyakarta: Kanisius.

Wiharto, M. & Hilmy, R. 2015. Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Kejadian Diare pada Tatanan Rumah Tangga di Daerah Kedaung Wetan Tangerang.Jurnal, Forum Ilmiah Volume 12 Nomor 1, Januari 2015.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.