PERBEDAAN TINGKAT STRESS PADA MAHASISWA YANG BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA DI UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN ANGKATAN 2013

Hamadi Hamadi, Joko Wiyono, Wahidyanti Rahayu H.

Abstract

Beragam alasan mendasari seorang mahasiswa untuk bekerja diantaranya adalah kebutuhan finansial, kebutuhan sosial relasional dan kebutuhan aktualisasi diri, hal tersebut berpengaruh terhadap kesehatan psikologis.Tujuan dalam penelitian ini untuk Mengetahui tingkat stress pada mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 84 orang mahasiswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive samplingyaitu 46 sampel terdapat 23 responden mahasiswa bekerja dan 23 responden mahasiswa tidak bekerja. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah kuesioner. Metode analisa data yang digunakan yaitu analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji Mann-Whitney U-Test dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian diperoleh mahasiswa yang tidak bekerja sebagian besar dikategorikan memiliki stres sedang (65,22%) dan mahasiswa bekerja sebagian besar dikategorikan stres berat (56,52%). Didapatkan hasil nilai p value = 0,006 ≤ α (0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat stress pada mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Diharapkan peneliti selanjutnya meneliti tentang faktor-faktor yang meyebabkan stress pada mahasiswa bekerja sehingga menambah dan mengembangkan literatur dalam pendidikan keperawatan tentang stress.

Keywords

Mahasiwa bekerja dan tidak bekerja, tingkat stress.

Full Text:

PDF

References

Destanti, Handayani, Widyastuti, dan Yanuarista. 2011. Perbandingan tingkat stress pada mahasiswa ekstensi 2010 yang bekerja dengan tidak bekerja. Riset tidak dipublikasikan.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/download/.../7204. Diakses tanggal 5 Mei 2016. Pukul 19:35 WIB.

Dudija, N. 2011. Jurnal Perbedaan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Antara Mahasiswa Bekerja dengan Mahasiswa yang Tidak Bekerja. Humanitas, Vol. VIII No. 2 Agustus 2011.

Hartaji, R. Damar Adi. 2009. Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa yang Berkuliah dengan Jurusan Pilihan Orang Tua. Universitas Gunadarma.

Jacinta, R. F. 2002. Wanita Bekerja. WEB: Kompas Cyber Media.

Motte A & Schwartz, S. 2009.Are student employments and academic success linked ? Canada: Millenium Research Note . FTP: Http://www.milleniumscholarships.ca/images/publications/090415_Student_Employment_RN9.Pdf. Diakses Tanggal 18 Maret 2016.

Ningsih, A,R. 2005. Mungkinkah Mahasiswa Kuliah Sambil Bekerja. ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/MTV/article/view/226/341.Diakses tanggal 5 Mei 2016.

Pradnya Patriana. 2007. Hubungan antara Kemandirian Diri dengan Motivasi Bekerja sebagai Pengajar Les Privat pada Mahasiswa di Semarang. Skripsi. Fakultas Psikologi UNDIP.

Purwanto, M.N. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Purwati, Susi. 2012.Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Reguler Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Skripsi, Universitas Indonesia

Rice, P.L. 1998. Stress and health.Third Edition. Moorhead State University: Brooks/Cole Publishing Company.

Rola, F., Daulay, S.F. 2009. Perbedaan Self Regulated Learning Antara Mahasiswa Yang Bekerja Dan Yang Tidak Bekerja. Psychology Jornal. Univesitas Sumatera Utara.

Smet, B. 1994. Psikologi Kesehatan. Jakarta:PT Grasindo

Suci, R.R. 2009. Perbedaan Self Regulation Pada Mahasiswa yang Bekerja dan Mahasiswa yang Tidak Bekerja. JurnalVol. III No 2 Psikologi Program Studi Psikologi Universitas Paramadina. Jakarta.

Walker, J. 2002. Teens in Distress Series Adolescent Stress and Depression.http://www.extension.umm.edu/distribution/youthdevelopment/DA33.html. Diakses tanggal 30 Maret 2016.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.