HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA PERMADI TLOGOSURYO MALANG

Terezinha Gusmao, Joko Wiyono, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Lansia merupakan tahap akhir dari siklus kehidupan, pada tahapan ini seseorang mengalami perubahan secara biologis, psikologis, maupun sosial. Perubahan kualitas tidur pada lansia dapat mempengaruhi peningkatan atau penurunan kecerdasan emosional lansia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan kualitas tidur dengan kecerdasan emosinal pada lansia di Posyandu Tlogo SuryoMalang. Desain penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia di Posyandu Tlogosuryo Malang sebanyak 211orang dan sampel penelitian yang digunakan adalah15% dari populasi yaitu sebanyak 32 orang lansia. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk variabel kualitas tidur, sebagian besar dikategorikan sedang yaitu sebanyak 26 orang lansia (81,2%) dan variabel kecerdasan emosionalsebagian besar dikategorikan sedang yaitu sebanyak 27 orang lansia (84,4%), sedangkan hasil Spearman Rank didapatkan nilai p-value = 0,014 < α (0,05) yang berarti data dinyatakan signifikan dan H1 di terima. Artinya terdapat hubungan kualitas tidur dengan kecerdasan emosioan pada lansia di Posyandu Tlogo Suryo Malang. Lansia diharapkan mampu mengatur kecerdasan emosional dalam melakukan interaksi (komunikasi) dengan individu atau kelompok lain. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan acuan bagi lansia untuk dapat mampu mengatur waktu tidur sehingga mendapatkan kualitas tidur yang baik dengan, demikian dapat meningkatkan kecerdasan emosional dalam melakukan interaksi (komunikasi) dengan individu atau kelompok lain.

Keywords

Kecerdasan Emosional, Kualitas Tidur.

Full Text:

PDF

References

Ammar, Arif Muhammad. 2014. Hubungan Antar Teman Sebaya dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bedagas Kecamatan Pengadengan Kabupaten Purbalingga. Skripsi, Program Studi Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Asmadi. 2008. Teknik Prosedural Keperawatan: Konsep dan Aplikasi Kebutuhan Dasar klien. Jakarta: Salemba Medika.

Azizah. L. M. 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta : PT. Graha Ilmu.

Carpenito, Lynda Juall. 2000. Serba-Serbi Manfaat dan Gangguan Tidur. Bandung: CV. Pionir Jaya.

Dalimartha, Setiawan., dkk. 2008. Care Your Self Hipertensi. Jakarta: Penebar Plus.

Hidayat, A.A. 2006. Pengantar Kebutuhan Dasar manusia. Jakarta: Salemba Medika.

Potter dan Perry. 2010. Fundamental Keperawatan. Buku 3. EDISI 7. Jakarta: Salemba Medika.

Stanley, M & Beare, P.G. 2006. Buku Ajar Keperawatan Gerontik. Jakarta: EGC.

Setiati, Siti dkk. 2000. Pedoman Pengelolaan Kesehatan Pasien Geriantri untuk Dokter dan Perawat. Jakarta: Pusat Informasidan Penerbit Bagian Ilmu Penyakit dalam FK-UI.

Setyowati , Elizabeth Ariyani Puji. 2013. Hubungan Antara Kualitas Tidur Dan Kestabilan Emosi Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Aktif Paduan Suara Voca Erudita Uns. Skripsi, Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.