HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN DIET RENDAH GARAM DI POSYANDU LANSIA WILAYAH PUSKESMAS WAGIR KABUPATEN MALANG

Dewi Maghfiroh, Farida Halis Dyah Kusuma, Ragil Catur Adi W.

Abstract

Hipertensi adalah suatu peningkatan abnormal tekanan darah dalam arteri secara terus – menerus lebih dari suatu periode. Hipertensi sering terjadi pada usia lanjut (lansia). Salah satu penyebab hipertensi adalah riwayat dari konsumsi makanan tinggi garam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan diet rendah garam pada lansia di Wilayah Puskesmas Wagir Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi korelasional. Populasi dalam penelitian ini semua penderita hipertensi di Posyandu Lansia Wilayah Puskesmas Wagir sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Besar sampel 30 orang lansia dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisa data yang digunakan menggunakan Uji Chi Square. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil diet kurang, bisa disebabkan karena dukungan keluarga yang kurang dengan nilai 6,246 yang lebih besar dari 2 tabel dengan df=2, yaitu sebesar 5,991, dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,044 yang lebih kecil dari alpha 0,05, sehingga tolak Ho dan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan (bermakna) antara dukungan keluarga dengan diet pada lansia penderita hipertensi di wilayah Puskesmas Wagir Kabupaten Malang. Direkomendasikan bagi keluarga lansia untuk memberikan dukungan keluarga terhadap diet rendah garam guna mengubah pola hidup lansia.

Keywords

Dukungan keluarga, diet rendah garam, lansia

Full Text:

PDF

References

Amelia, Muharina. 2014. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi keluarga untuk memberikan dukungan kepada klien diabetes mellitus dalam menjalani diet. Jurnal. Program Studi Ilmu Keperawatan.. Universitas Riau (http://id.portalgaruda.org/journal/jom diakses pada tanggal 20 Januari 2017 pukul 18.00)

Friedman, Marylyn M. 1998. Keperawatan Keluarga Teori dan Praktik Ed. 3. Jakarta : EGC

Http://dinkes.malangkab.go.id (diakses pada tanggal 21 Januari 2017 pukul 21.00

Tamher, S. 2011. Kesehatan Usia Lanjut dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Udjianti, Wajan Juni. 2013. Keperawatan Kardiosvakuler. Jakarta : Salemba Medika

Wahyuningsih, Retno, S.Gz . 2013. Penatalaksanaan Diet Pada Pasien – Edisi Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.