HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT MENGHADAPI ERUPSI GUNUNG KELUD PADA FASE MITIGASI

Alatas Sofan Sugara, Farida Halis Dyah Kusuma, Ani Sutriningsih

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan mengalami bencana alam dan berada pada wilayah ring of fire (cincin api), salah satu bencana yang terjadi yaitu erupsi Gunung Kelud. Akibat terjadinya erupsi Gunung Kelud maka perlu diketahui pengetahuan masyarakat terhadap sikap kesiapsiagan pada fase mitigasi sehingga apabila terjadi erupsi maka masyarakat siap melakukan penyelamatan diri secepat mungkin ke lokasi yang aman. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap kesiapsiagaan masyarakat menghadapi erupsi Gunung Kelud pada fase mitigasi. Desain penelitian menggunakan analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 447 orang, sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 207 orang masyarakat. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji spearmen rank. Hasil penelitian membuktikan lebih dari separuh 151 (72,9%) masyarakat memiliki pengetahuan baik dan lebih dari separuh 134 (64,7%) masyarakat memiliki sikap kesiapsiagaan siap dalam menghadapi erupsi Gunung Kelud pada fase mitigasi. Hasil uji spearmen rank didapatkan p value = (0,002) <(0,050) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan dengan sikap kesiapsiagaan masyarakat menghadapi erupsi Gunung Kelud pada fase mitigasi. Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan masyarakat selalu siap siaga dalam menghadapi erupsi Gunung Kelud dengan menyiapkan perlengkapan siaga di rumah seperti kebutuhan pangan yang cukup, pakaian dan perlengkapan P3K.

Keywords

Erupsi, kesiapsiagaan, mitigasi, pengetahuan, sikap.

Full Text:

PDF

References

BNPB. 2008. Pedoman Umum Persiapan Resiko Bencana. Jakarta: BNPB

BNPB. 2012. Masterplan Pegunungan Resiko Bencana Alam. Jakarta: BNPB

BNPB. 2014. Buku Panduan Penganalan Karakteristik Bencana & Upaya Mitigasinya di Indonesia.Jakarta: BNPB

Budiman, A. 2013. Faktor-faktor Dalam Pengetahuan. Jakarta: EGC

Kismoyocit, A. 2011. Keyakinan Kehidupan. Jakarta : Rineka Cipta.

Mardiatno. 2010. Tata Lingkungan Bencana. Jakarta: EGC

OECD. 2012. Disaster Risk Assesment and Risk Financing. Mexico : OECD

Siti. 2014. Analisis Resiko Bencana Sebelum & Sesudah Letusan Gunung Kelud Tahun 2014 (Studi Kasus di Kecamatan Ngantang, Malang). Universitas Brawijaya Malang

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.