HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANTENATAL CARE DENGAN PERILAKU PEMERIKSAAN KEHAMILAN DI POSYANDU BANDUNGREJO WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN BANTUR KABUPATEN MALANG

Erlina Ariesetyawati, Sri Mudayatiningsih, Susmini Susmini

Abstract

Kematian ibu dapat terjadi pada setiap kehamilan, untuk itu diperlukan pemantauan dan perawatan kesehatan yang memadai selama kehamilan sampai masa nifas demi kelangsungan hidup ibu dan bayinya. Upaya Kementerian Kesehatan dalam mempercepat pengurangan kematian adalah melalui Antenatal Care (ANC).Tujuan Penelitian ini adalah untuk Menganalisis hubungan pengetahuan ibu hamil tentang ANC terhadap perilaku pemeriksaan kehamilan di Posyandu. Metode yang digunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional, teknik pengabilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan sampel yaitu ibu hamil yang tercatat di Posyadu Desa Bandungrejo wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Bantur, teknik yang digunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyan 30 responden. Data dianalisa menggunakan Uji Chi-Square. Ber-dasarkan analisa hasil didapatkan nilai p-value (0.039)<α (0.05) maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan kurang baik (40,0%). Ibu hamil memiliki perilaku negatif (56,7%). Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu hamil tentang ANC dengan perilaku pemeriksaan kehamilan di Posyandu Desa {p-value (0,039) <α (0,05) r (0,997)}. Saran yang dapat diberikan adalah Ibu hamil mengikuti penyuluhan agar lebih tahu dan memahami ANC agar menjamin proses alamiah kelahiran berjalan normal dan sehat.

Keywords

Ibu hamil, pengetahuan, perilaku.

Full Text:

PDF

References

Alimul. 2009. Metode Penelitian dan Keperawatan dan Tehnik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Departemen Kesehatan RI. 2010. Riset Kesehatan Dasar 2010. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan.

Diyan Indriyani dan Asmuji. 2014. Buku Ajar Keperawatan Maternitas: Upaya Promotif dan Preventif Dalam Menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hutahaean, S. 2013. Perawatan Antenatal. Jakarta Selatan: Salemba Medika.

Mubarak, et al., 2007. Promosi Kesehatan: Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mufdlilah. 2009. Antenatal Care Fokus. Yoyakarta: Nuha Medika.

Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S .2007. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam dan Pariani. 2003. Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Padila. 2014. Keperawatan Maternitas. Yogyakarta: Nuha Medika.

Saifuddin, A.B. 2002. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: JNPKR-POGI.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.