PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DALAM PEMILIHAN JAJAN PADA ANAK USIA SEKOLAH 7-9 TAHUN DESA NGANTRU KECAMATAN NGANTANG KABUPATEN MALANG

Kiki Febriani, Erlisa Candrawati, Ronasari Mahaji Putri

Abstract

Pada saat ini banyak di temukan makanan jajanan yang tidak sehat beredar di lingkungan sekolah sehingga perlu adanya pendidikan kesehatan kepada anak tentang pemilihan jajanan sehat, karena jajan memegang peranan penting dalam memberikan asupan energi dan gizi bagi anak selama sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan dalam pemilihan jajan pada anak usia sekolah 7-9 tahun. Desain penelitian mengunakan desain pra-post eksperimen dengan menggunakan pendekatan pre test-pos test desain. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 63 anak usia sekolah 7-9 tahun dengan penentuan sampel penelitian menggunakan simple random sampling sehingga didapatkan sebanyak 16 anak yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu paired t test dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan sebelum pendidikan kesehatan lebih dari separuh (62,5%) anak memiliki pengetahuan cukup tentang pemilihan jajan dan sesudah pendidikan kesehatan lebih dari separuh (75,0%) anak memiliki pengetahuan baik tentang pemilihan jajan, sedangkan hasil paired t test membuktikan pendidikan kesehatan berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dalam pemilihan jajan pada anak usia sekolah 7-9 tahun di SDN 02 Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang dengan p-value = (0,000) < (0,050). Berdasarkan hasil dapat dipahami pendidikan kesehatan memberi peningkatan pengetahuan pada anak tentang pemilihan jajan sehingga menimbulkan perilaku sehat yang dapat meningkatkan derajat kesehatan anak.

Keywords

Anak Usia Sekolah 7-9 Tahun, Pemilihan Jajan, Pengetahuan, Pendidikan Kesehatan.

Full Text:

PDF

References

Andriyani, W. 2015. Teori Perkembangan Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andhika, S. 2014. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Andriyani. S. 2013. Teori Sikap Manusia & Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta Baliwati.

Fitriani, P. 2015. Ilmu Gizi Pada Anak. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Jurwanto, A. 2013. Pangan dan Gizi Untuk Kesehatan. Jakarta: Institut Pertanian Bogor.

Khomsan A. dan Dwiriani, C. M. 2004. Pengantar Pangan dan Gizi. Jakarta: Penebar Swadaya.

Notoatmodjo, S. 2013. Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip-Prinsip Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Purtiantini. 2012 Berbagai Cara pendidikan Gizi. Jakarta: Bumi Aksara.

Promkes, 2013. Ilmu Gizi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suci. 2013. Gambaran Perilaku Jajan Murid Sekolah Dasar di Jakarta. Jakarta: Psikobuana.

Sitoru, dkk. 2015. Hubungan Pengetahuan Gizi Dengan Sikap Anak Sekolah Dasar Dalam Memilih Makanan Jajanan di Madrasah Ibtidaiyah Tanjunganom, Kecamatan Baturetno, Wonogiri. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi Diploma III Gizi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kindi S. 2013. Prinsip-prinsip dasar ilmu kesehatan masyarakat. Cet. ke- 2, Mei. Jakarta : Rineka Cipta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.