PENGARUH PEMBERIAN STIMULASI OLEH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA TODDLER DI PAUD ASPARAGA MALANG

Asyrofi Yudia Putra, Atti Yudiernawati, Neni Maemunah

Abstract

Proses tumbuh kembang anak dapat berlangsung secara alamiah, tetapi proses tersebut sangat tergantung kepada orang dewasa atau orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemberian stimulasi oleh orang tua terhadap perkembangan bahasa pada anak usiatoddler. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak usiatoddler sebanyak 30 orang yang ditentukan melalui teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi dan dianalisis menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh perkembangan bahasa anakusia toddler (25 orang) sebelum pemberian stimulasi oleh orang tua dikategorikan sesuai (83,33%) dan hampir seluruh perkembangan bahasa anak usia toddler(29 orang) sesudah pemberian stimulasi oleh orang tua juga dikategorikan sesuai tahapan perkembangan yang seharusnya. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pemberian stimulasi oleh orang tua terhadap perkembangan bahasa anak usiatoddler (0.002< 0.05). Orang tua diharapkan tetap memberikan stimulasi yang mendukung perkembangan bahasa anak agar sesuai dengan tahap tumbuh kembang yang seharusnya.

Keywords

Anak Usia toddler, perkembangan bahasa, pemberian stimulasi.

Full Text:

PDF

References

Giyarti. 2008. Pengaruh Stimulasi Psikososial, Perkembangan Kognitif dan Perkembangan Sosial Emosi terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah di Kabupaten Bogor. Skripsi, Program Studi Dizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga. Fakultas Pertanian: Institut Pertanian Bogor.

Kania.2006. Stimulasi Tumbuh Kembang Anak untuk Mencapai Tumbuh Kembang yang Optimal.Disampaikan pada seminar Stimulasi Tumbuh Kembang Anak.Bandung 11 Juni 2006.

(http://pustaka.unpad.ac.id/wpcontent/uploads/2010/02/stimulasi_tumbuh_kembang_anak_optimal.pdf), diakses pada tanggal 9 Juni 2016.

Martini.Jamaris. 2006. PerkembanganAnak. Jakarta: Salemba.

Mashar.Riana. 2007. Emosi Positif Anak usia Dini dan Stimulasi Aku Anak Ceria. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 9(1): 18-29.

Niima. Nur Azizah. 2012. Gambaran Stimulasi Perkembangan Oleh Ibu Terhadap Anak Usia Prasekolah di TKIT Cahaya Ananda Depok. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan. Fakultas Ilmu Keperawatan: Universitas Indonesia Depok.

Rusmil. K. 2006. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intrvensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Depkes RI.

Safaria. 2005. Autisme. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Pers.

Soetjiningsih. 2005. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Soetjiningsih. 2008. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

Widiantoro. E dan Prawesti,D 2013, Pemberian Stimulasi terhadap Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal STIKES, 6(1).

Wong. D.L. 2009, Buku Ajar Keperawatan pediatric Ed 6. Vol 1, Jakarta: EGC.

Yektiningsih.Erwin. 2010. Hubungan Pemberian Stimulasi oleh Orang Tua dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Pra Sekolah (3-5 tahun) di Taman Kanak-Kanak Al-Fath Pare. Jurnal AKP, 2.

Yuniarti.Sri. 2015. Asuhan tumbuh Kembang Neonatus Bayi-Balita dan Anak Pra Sekolah, Dilengkapi Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Melalui Bermain. Cetakan Kesatu. Bandung: PT Refika Aditama.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.