HUBUNGAN PERILAKU VAGINAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN KEPUTIHAN PADA MAHASISWI DI ASRAMA PUTRI PSIK UNITRI MALANG

Hendiana Astuti, Joko Wiyono, Erlisa Candrawati

Abstract

Organ reproduksi merupakan salah satu organ tubuh yang sensitif memerlukan perawatan khusus. Salah satu masalah kesehatan reproduksi yang sejak lama menjadi persoalan bagi kaum remaja puteri adalah masalah keputihan. Kesehatan organ reproduksi berawal dari menjaga kebersihan diri, termasuk kebersihan vagina yang bertujuan agar vagina tetap bersih, normal, sehat dan terhindar dari kemungkinan adanya penyakit, termasuk keputihan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku vaginal hygiene dengan kejadian keputihan pada mahasiswi di asrama putri PSIK UNITRI Malang. Desain penelitian ini menggunakan desain korelasi dan penelitian ini berjenis scross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswi yang tinggal di asrama putri PSIK UNITRI sebanyak 50 orang dan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 33 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil analisis spearman rank didapatkan nilai Sig = 0,001 (α ≤ 0,05), artinya ada hubungan vaginal hygiene dengan kejadian keputihan pada mahasiswi di asrama putri PSIK UNITRI Malang dengan nilai korelasi -0,760. Diharapkan kepada mahasiswi di Asrama Putri PSIK UNITRI Malang untuk tetap menjaga dan memperhatikan perilaku vaginal hygiene, hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya risiko keputihan patologis yang berakibat pada kanker rahim.

Keywords

Keputihan, vaginal hygiene, mahasiswa putri.

Full Text:

PDF

References

Ababa, M. 2003. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: Ercon.

Emilia, Ova. 2008. Promosi Kesehatan Reproduksi Wanita. Yogyakarta: Pustaka Cendika.

Indriyana, Ratna. 2012. Hubungan Personal Hygiene dengan kejadian keputihan pada siswa MA Al-Hikmah Aeng Deke Bluto Tahun 2012. Jurnal Wiraraja Medika.

Manuaba, Ida Agus Gde. 2009. Memahami Kesehatan Reproduksi Perempuan. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, S. 2003. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: Rineka Cipta.

Tapparan, F, Lampus, S, Pandelaki, J. 2013. Gambaran perilaku kebersihan organ genitaliaeksterna siswi kelas menengah atas Negeri 1 Kawangkoan. Jurnal Kedokteran DanTropik. 2013; 1(1):62-67.

Putri, Intan Ariyani Yestika. 2013. Hubungan perilaku vulva hygiene dengan kejadian keputihan pada remaja putri di SMA Negeri Wonosari Gunungkidul. Naskah Publikasi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah. Yogyakarta.

Sandriana, I., Fajarwati Ibnu dan Watief A. Rachman. 2014. Perilaku Personal Hygiene Genitalia Santriwati di Pesantren Ummul Mukminin Makasar Sulawesi Selatan Tahun 2014. Jurnal, Bagian Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin. Makasar.

Setiani, Tri Indah., Tri Prabowo dan Dyah Pradnya Paramita. 2015. Kebersihan organ kewanitaan dan kejadian keputihan patologi pada sastriawati di Pondok Pesantren Al Munawwir Yogyakarta. Journal Ners and Midwifery Indonesia, Vol.3, No.1, Tahun 2015, 39-42.

Solikhah, Rizqi., Marsito., & Nurlaila. 2010. Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang Keputihan dengan Perilaku Remaja dalam Menjaga Kebersihan Diri di Desa Bandung Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Volume 6, No.2 Juni 2010.

Widyastuti, Yani. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitra Maya.

Wulandari, A. 2011.Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid. Yogyakarta: Andi.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.