HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KESEPIAN PADA LANSIA DI KELURAHAN TLOGOMAS KOTA MALANG

Nuraini Nuraini, Farida Halis Dyah Kusuma, Wahidyanti Rahayu H.

Abstract

Interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik, saling mempengaruhi dalam pikiran dan tindakan, serta tidak terlepas dari suatu hubungan yang terjadi antar individu, sosial, dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian dari individu masih merasa kesepian ketika tidak memiliki teman interaksi untuk berbagi masalah dan secara tidak langsung mengalami perubahan yang dialami oleh khususnya lansia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Interaksi Sosial Dengan Kesepian Pada Lansia Di Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Desain penelitian menggunakan deskriptif korelasional, dengan pendekatan Cross sectional yaitu jenis penelitian yang menekankan pada waktu pengukuran/observasi data variabel independen dan dependen hanya satu kali, jadi tidak ada follow up. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji pearson’s. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 33 orang dengan penentuan sampel penelitian menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan sampel. Tehnik sampling menggunakan total sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan p-value 0,000 < (0,05) yang berarti H0 ditolak artinya ada hubungan antara interaksi sosial dengan kesepian pada lansia. Diharapkan bagi usia lanjut untuk melakukan sesuatu yang merupakan kunci untuk mengatasi kesepian seperti menjalin kontak sosial dengan teman dan tetangga.

Keywords

Interaksi sosial, kesepian, lansia.

Full Text:

PDF

References

Amalia, DA. 2013. Kesepian dan Isolasi Sosial yang Dialami Lanjut Usia: Tinjauan dari Perspektif Sosiologis. Jakarta: Departemen Kementerian Sosial. Diakses tanggal 17 Februari 2015 Jam 13.21 WIB.

Andreas. 2012. Interaksi Sosial Dan Kualitas Hidup Lansia Di Kelurahan Lansot. Kecamatan Tomohon Selatan

http://igenursing.weebly.com/uploads/1/4/3/9/14390416/fix_jku_andreas.pdf diakses tanggal 24 September 2014 Jam 10.30 WIB.

Annida, 2010. Memahami Kesepian. http://www.scribd.com/docDiakses tanggal 12 September 2011 dari Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Asma, D. et al. 2008. Gambaran Jenis dan Tingkat Kesepian pada Lansia di Balai Panti Sosial Tresna Werdha Pakutandang Ciparay Bandung. Bandung : Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjadjaran, Diakses tanggal 12 Februari 2015 Jam 10.00 WIB.

Brehm, S. et al. 2002. Intimate Relationship. New York. Mc : Graw Hill.

Fitria, A. 2011. Interaksi Sosial dan Kualitas Hidup Lansia di Panti Werdha UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia dan Anak Balita Wilayah Binjai dan Medan : USU Medan.

Gunarsa, S. D. 2009. Dari Anak Sampai Usia Lanjut: Bunga Rampai Psikologi Perkembangan. Jakarta : BPK Gunung Mulia.

Hardywinoto, T. S. 2005. Panduan Gerontologi: Tinjauan Dari Berbagai Aspek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan: Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. Jakarta : Departemen Kementerian Kesehatan RI, diakses tanggal 2 Februari 2015 Jam 17.30 WIB.

Rahmianti S. 2014. Hubungan Pola Makan, Status Gizi, Dan Interaksi Sosial Dengan Kualitas Hidup Lansia Suku Bugis Di Kelurahan Sapanang Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

Sampao, Pornpen. 2005. Relationship of health status, family relations and loneliness to depression in older adult. Thesis. Psychiatric and Mental Health Nursing: Mahidol University Santrock, J. W. 2003. Adolescene, Perkembangan Remaja (Alih Bahasa: Shinto B. Adelar & Sherly Saragih). Jakarta: Erlangga.

Septiningsih, D. S. 2012. Kesepian pada Lanjut Usia: Studi Tentang Bentuk Faktor Pencetus dan Strategi Koping. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, Vol 11 No. 2.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.