HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS DINOYO KOTA MALANG

Mensius Darus, Susi Milwati, Neni Maemunah

Abstract

Pelayanan yang berkualitas yaitu pelayanan yang selalu berupaya memenuhi harapan pasien sehingga pasien akan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh perawat, tidak terkecuali di Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 60 responden yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 39 responden (65%) telah memberikan pelayanan dengan kategori kualitas pelayanan keperawatan yang baik, dan sebanyak 43 responden (72%) tergolong dalam kategori puas. Hasil uji statistik menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Dinoyo Kota Malang (0,003≤ 0,05) dengan koefisien korelasi sebesar 0,721. Rekomendasi bagi pihak Puskesmas yaitu untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan guna mencapai kepuasan pasien yang lebih maksimal dengan cara mengoptimalkan kotak saran dan meja keluhan. Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya yaitu dapat mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan yaitu kewajaran biaya, kecepatan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kepastian biaya, keamanan pelayanan, dan hasil perawatan yang diterima oleh pasien.

Keywords

Kualitas pelayanan, kepuasan pasien, rawat jalan.

Full Text:

PDF

References

Azlika. M. A., Adisti, A. R., Febi, K. K. 2014. Hubungan antara Mutu Pelayanan Perawat dan Tingkat Pendidikan dengan Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Maryam Kota Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi UNSRAT. Vol.4, No. 4.http://lib.unnes.ac.id/22956/1/6411411107.pdf. Diakses April 2016.

Muninjaya. 2011. Survey Kepuasan Pengguna Jasa Pelayanan Kesehatan Perjan Rumah Sakit Sanglah Denpasar. JMP K Vol. 07.No.03.https://www.scribd.com/document.Analisis-Manajemen-Mutu-Pelayanan-Kesehatan-Pada-Rumah-Sakit-Islam-Karawang.Diakses pada tanggal 7 September 2014.

Ningsih dan Maidelwita. 2010. Standar pelayanan keperawatan di Puskesmas, Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Nursalam. 2015. Manajemen keperawatan: aplikasi dalam praktik keperawatan.Jakarta: Salemba.

Prastiwi.N.E. & Ayubi, D. 2008.Hubungan kepuasan pasien bayar dengan minat kunjungan ulang di puskesmas Wisma Jaya Kota Bekasi tahun 2007, Makara, Kesehatan. (http://repository.ui.ac.id/contents/koleksi/2/a2c2b4b6259fa0140af8036a711b6b78c468bb23.pdf. Vol.12. No 1), diakses pada tanggal 1 Juni 2012:42-46.

Rahmulyono. 2008. Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Puskesmas Depok 1 di Sleman. (https//andry.files.wordpress.com/2010/06/analisis-pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan pasien puskesmas).diakses pada tanggal 7 April 2016.

Rambat & A. Hamdani.2006.managemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Rames. 2012. Menjaga Mutu Pelayanan Keperawatan Aplikasi Prinsip Lingkaran. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Suryawati. C. Dharminto. SZ.2006, Penyusunan indikator kepuasan pasien rawat inap rumah sakit di propinsi Jawa Tengah, Jurnal Manajemen Kesehatan.(https://journal.ugm.ac.id.jmpk.article.view.2752), 9(4), Diakses pada tanggal 04. April 2006

Tjiptono 2008. Service Management Mewujudkan Layanan Prima.

Yogyakarta : Andy Offset.

Wahjono. 2006. Perilaku organisasi.Yokyakarta : Graha ilmu.

Wiyono. D. 2009. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Teori, Strategi danAplikasi.volume I. Surabaya: Airlangga University Press.

Yuniarti. 2015. Hubungan antara kualitas pelayanan Rumah Sakit dan tingkat kepuasan pasien BPJS di Ruang perawatan RSUD Sultan Syarif Alkadrie Kota Pontianak. Universitas Tanjungpura, Pontianak. (www.jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/download/11039/10507), diakses Januari 2014.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.