HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU DENGAN PENATALAKSANAAN KEJANG DEMAM PADA BALITA DI POSYANDU ANGGREK TLOGOMAS WILAYAH KERJA PUSKESMAS DINOYO KOTA MALANG

Adrianus Langging, Tavip Dwi Wahyuni, Ani Sutriningsih

Abstract

Pengetahuan merupakan hasil dari tahu yang terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Pencegahan kejang demam pada anak sangat tergantung pada peran orang tua khususnya ibu. Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan merupakan faktor langsung yang mempengaruhi penatalaksanaan kejang demam pada balita.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu dengan penatalaksanaan kejang demam pada balita di posyandu anggrek tlogomas wilayah kerja puskesmas Dinoyo Kota Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Teknik pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling, di mana jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 45 orang ibu yang memiliki balita. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi spearman rank. Hasil penelitian pengetahuan ibu menunjukkan sebagian besar responden yaitu 60% mempunyai pengetahuan dalam kategori cukup. Penatalaksanaan kejang demam sebagian besar responden yaitu sebanyak 62,22% dalam kategori cukup. Hasil analisis uji korelasi nilai r hitung adalah sebesar 0,475 dengan signifikansi sebesar 0,001, maka hipotesis Ha diterima yaitu terdapat korelasi atau hubungan antara pengetahuan ibu dengan penatalaksanaan kejang demam. Disarankan bagi pelayanan kesehatan agar melakukan simulasi tentang penanganan kejang demam pada saat posyandu sehingga ibu dapat melakukan penatalaksanaan kejang demam yang baik. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat mengembangkan penelitian ini dengan cara mengukur faktor- faktor yang mempengaruhi pengetahuan ibu tentang penatalaksanaan kejang demam dengan cara melakukan observasi langsung bagaimana cara penatalaksanaan kejang demam yang dilakukan ibu.

Keywords

Kejang demam, pengetahuan ibu, penatalaksanaan.

Full Text:

PDF

References

Behrman. RE & RM, Kliegman 2010. Nelson Esensi Pediatri edisi 4. Jakarta: EGC.

Brough H. 2008 Rujukan Cepat Pediatric & Kesehatan Anak. Jakarta: EGC.

DEPKES. 2006. 16 Persen Anak Balita di Indonesia Alami Gangguan Perkembangan Saraf(Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI 2012) http://www.depkes.go.id/indeks.php: diakses pada tanggal 11 November 2015.

Dewi. NS 2008.’Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Dalam Mencegah HIV/AIDS Pada Pekerja Seks Komersial’.Media Ners. Vol. 2, No. 1. Hal 15-22. Diakses pada tanggal 12 Desember

Hotimah. 2010. Angka Kejadian Kejang Demam di RSUD dr. Saiful Anwar Malang, periode Januari-Desember 2008. Diakses 15 Desember 2015

Kania N. 2007. Penatalaksanaan Demam Pada Anak. Available at:http://hiperkes.com/pdf/nia-kania-penatalaksanaan-demam.html. diakses pada tanggal 10 Januari 2012.

Ngastiyah. 2005. Cetakan 2014. Perawatan Anak Sakit edisi 2. Jakarta: EGC .

Meadow & Newel. 2005. Lecture Notes. Pediatrika. Edisi VII. Jakarta: Erlangga.

Notoatmodjo. 2003, Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka cipta.

Notoatmodjo. 2007. Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Rineka cipta,

Notoatmodj.S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan- Ed. Rev- : Jakarta : Rineka cipta.

Notoatmodjo. S. 2012 Promosi Kesehatan & Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.Jakarta.2013, http://ejournal.undip.ac.id/index.php/medianers/article

.diakses pada tanggal 11 november 2015

Riandita. A 2012. ‘Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Demamdengan Pengelolaan Demam Pada Anak’. Jurnal Medika Muda.

http://eprints.undip.ac.id/37333/. diakeses pada tanggal 20 November 2015

Sodikin. 2012. Prinsip Perawatan Demam Pada Anak. Yogyakarta: Pustaka belajar.

Sugiyono 2013. Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Penerbit Alfabeta,.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardani. AK, 2013. Kejang Demam Sederhana Pada Anak Usia Satu Tahun. Medula, vol 1, No. 1, Hal 57-64:http://portalgaruda.org/download article.php?article=122474:

Diakses pada tanggal 12 januari 2016

Wawan A & Dewi M 2011, Teori Dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.