HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI ASUPAN MAKANAN YANG MENGANDUNG PURIN DENGAN KADAR ASAM URAT PADA LANSIA DI DESA TULUNGREJO KECAMATAN NGANTANG

Srisan Astria Hambatara, Ani Sutriningsih, Warsono Warsono

Abstract

Seseorang yang mengalami asam urat (gout arthritis) dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dengan kadar asam urat pada lansia di Desa Tulungrejo Kecamatan Ngantang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan konsumsi asupan makanan yang mengandung purin dengan kejadian asam urat pada lansia di Desa Tulungrejo Kecamatan Ngantang. Desain penelitian ini menggunakan desain korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua lansia di Posyandu Lansia Desa Tulungrejo Kecamatan Ngantang yang aktif mengikuti kegiatan Posyandu pada bulan Januari-Maret 2017 sebanyak 30 orang dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel karena jumlahnya sedikit. Teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan intrumen kuesioner dan alat ukur auto check. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji Spearman Rank. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebagian besar responden konsumsi asupan makanan yang mengandung purin rata-rata dalam level/kategori rendah purin yaitu sebanyak 22 orang (73,3%) dan hampir seluruh responden dikategorikan memiliki kadar asam urat dalam darah normal yaitu sebanyak 28 orang (93,3%). Hasil analisis didapatkan nilai Signifikansi = 0,014 (p-value ≤ 0,05) yang berarti data dinyatakan signifikan dan H1 diterima, artinya ada hubungan antara konsumsi asupan makanan yang mengandung purin dengan kejadian asam urat pada lansia di Desa Tulungrejo Kecamatan Ngantang. Lansia di harapkan dapat mempertahankan asupan makanan yang rendah purin dan mengurangi jenis-jenis makanan yang kandungan purin tinggi seperti ekstrak daging (kaldu), daging bebek, sarden, ikan teri, dan jenis-jenis makanan yang diawetkan.

Keywords

Asam urat, konsumsi asupan makanan, purin.

Full Text:

PDF

References

Ariasti, Dinar dan Wiji Lestari. 2015. Hubungan Antara Konsumsi Emping Melinjo dengan Kejadian Asam Urat pada Warga di Desa Wadunggetas Wonosari Klaten. Kosala, JIK, Vol.3, No.2, September 2015.

Damayanti, Deni. 2012. Panduan Lengkap Mencegah & Mengobati Asam Urat. Yogyakarta: Araska.

Dinas Kesehata (Dinkes) Jawa Timur. 2013. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur 2012. Surabaya: Dinas Kesehatan Jawa Timur.

Fauzan, Aldhi. 2016. Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT), Asupan Purin dan Olahraga dengan Kejadian Gout Arthritis pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjungsari Pacitan. Naskah Publikasi, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Helmi, Zairin Noor. 2012. Buku Ajar Gangguan Muskuloskeletal. Jakarta: Salemba Medika.

Hermawati, Istiana Dr., M.Sos. 2015. Kajian tentang Kota Ramah Lanjut Usia. Yogyakarta: Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS).

Kertia, Nyoman. 2009. Asam Urat. Yogyakarta: PT Benteng Pustaka.

Lestari, Evi., Sugeng Maryanto., Meilita Dwi Paundrianagasari. 2013. Hubungan Konsumsi Mkaanan Sumber Purin dengan Kadar Asam Urat pada Wanita Usia 45-59 Tahun di Desa Sanggrahan kecamatan Krangan Kabupaten Temanggung. Naskah Publikasi, Program Studi Gizi STIKES Ngudi Waluyo.

Lingga. 2012. Bebas Penyakit Asam Urat Tanpa Obat. Jakarta: Agro Media Pustaka.

Kemenkokesra. 2010. Usia harapan Hidup Penduduk Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Pusat Data dan Informasi/Pusdatin Kemenkes RI. 2014. Situasi dan Analisis Lanjut Usia. Jakarta: PusatData dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Di akses pada tanggal 6 Mei 2017

Soekanto. 2012. Asam Urat. Jakarta: Penebar Plus.

Suiraoka, IP. 2012. Penyakit Degeneratif. Yogyakarta: Nuha Medika.

Suratini, K.T. 2005. Pola Hidup Menjelang Menopouse. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan. Stikes Aisyiyah Yogyakarta.

Utami, P. 2009. Solusi Sehat Asam Urat dan Rematik. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Wahyuningsih R. 2013. Penatalaksanaan Diet pada Pasien. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.