HUBUNGAN TINGKAT KECEPATAN DAN KINERJA PERAWAT DENGAN KUALITAS PELAYANAN BPJS DI PUSKESMAS DINOYO KOTA MALANG TAHUN 2017

Paijal Paijal, Swito Prastiwi, Sulasmini Sulasmini

Abstract

Tingkat kecepatan pelayanan adalah waktu tanggap yang diberikan perawat untuk melayani pasien, akan tetapi tingkat kecepatan dapat juga di pengaruhui oleh berbagai faktor yang salah satu nya adalah sumber daya manusia (perawat). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kecepatan dan kinerja perawat dengan kualitas pelayanan BPJS di Puskesmas Dinoyo Kota Malang Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Perawat di Puskesmas Dinoyo yang berjumlah 36 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar (52,8%) responden melakukan pelayanan cepat dan sebagian besar (77,8%) responden merasa baik terhadap kinerja perawat di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda didapatkan p value = 0,003 < 0,050 sehingga H1 diterima, artinya ada hubungan tingkat kecepatan dengan kualitas pelayanan BPJS di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Saran untuk Puskesmas agar mempertahankan pelayanan kesehatan dengan memperbaruhui keterampilan dasar keperawatan supaya perawat melayani cepat dalam keluhan pasien dengan jaminan rasa aman dalam kesembuhan pasien. Disarankan bagi peneliti selanjutnya meneliti faktor-faktor tingkat kecepatan pelayanan yaitu sarana prasana, faktor-faktor kinerja perawat yaitu motivasi perawat, dan faktor-faktor kualitas pelayanan kesehatan antara lain pendidikan dan umur perawat.

Keywords

Kinerja perawat, kualitas pelayanan bpjs, tingkat kecepatan.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, A. 2013. Manjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

BPJS Kesehatan. 2017. http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/arsip/Diakses tanggal 19 Februari 2017 jam 19.00

Depkes RI. 2011. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2011. Jakarta: Departemen Kesehatan RI. Di akses di www.depkes.go.id/

Dwiyanto, A.2013.Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik.Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.

Efendi, F. 2012. Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Fitri, N. 2016. Hubungan Antara Kinerja Perawat Dengan Pelayanan Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)Tugurejo Semarang. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Gibson, J.L. Ivan C. 2013. Organisasi dan Manajemen: Perilaku, Struktur, dan Proses. Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Handoko T. 2011. Manajemen Personalia dan SumberDaya Manusia, Edisi II, Cetakan Keempat Belas. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Hasibuan, M. 2012.Manajemen SumberDaya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hotbonar. 2015. Membangun Kesejahteraan Indonesia melalui Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS). Jakarta: BPJS.

Indrawati. 2013. Manajemen Keperawatan Dan Komunikasi Keperawatan. Graha Ilmu: Jakarta

Insurance Association. 2017. https://www.jstor.org/stable/250008Diakses tanggal 16 Februari 2017 jam 19.12

Kusriyanto, B. 2012. Meningkatkan Produktivitas Karyawan. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Kurniadi, A. 2013. Manajemen Keperawatan Dan Prospektifnya. Teori, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: FKUI.

Mangkunegara. 2012. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama. Bandung: Refikaditama.

Maulana, A. 2013. Sistem Pelayanan Kesehatan, Tujuan Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Mundakir. 2011. Komunikasi Keperawatan Aplikasi Dalam Pelayanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nisya R. dan Hartanti S. 2013. Prinsip-Prinsip Dasar Keperawatan. Jakarta: Penerbit Dunia Cerdas.

Nursalam. 2011.Manajemen Keperawatan, Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional edisi 3. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Pohan, Imbalo S. 2013. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Robbins P. dan Coulter, M. 2012. Manajemen: Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Saifuddin, AB. 2011. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawihardjo.

Setyaningsih. W. 2015. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Klinik Terpadu Politeknik Kesehatan Surakarta. Skripsi: Stikes Kusuma Husada Surakarta.

Sugiyono.2011. “Statistika Untuk Penelitian”. Bandung: Alvabeta.

Supriyanto, E. 2012. Faktor-Faktor Kepuasan Kerja. Jakarta: EGC.

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Widodo. E. 2015. Hubungan Response Time Dalam Memberikan Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Di IGD RS. Panti Waluyo Surakatra. Skripsi: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.