HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA LANSIA DI POSYANDU TLOGO SURYO MALANG

Maria De Jesus, Joko Wiyono, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Ketidakmampuan menyesuaikan diri terhadap lingkungan sosial terlihat dari ketidakpuasan terhadap diri sendiri dan lingkungan sosial serta memiliki sikap-sikap yang menolak realitas dan lingkungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosinal dengan interaksi sosial pada lansia di Posyandu Tlogo Suryo Malang.Desain penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah lansiadi Posyandu Tlogo Suryo Malang sebanyak 200 orang dan sampel penelitian yang digunakan adalah 20% dari populasi yaitu sebanyak 40 orang lansia. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Kriteria inklusi meliputi lanjut usia yang dalam kondisi baik atau tidak sakit dan lanjut usia yang bersedia menjadi responden, sedangkan kriteria eksklusinya meliputi lanjut usia yang cacat baik fisik maupun mental dan lanjut usia yang tidak bersedia menjadi responden. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji Spearman rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa kecerdasan emosional sebagian besar (85,0%) lansia di Posyandu Tlogo Suryo Malang dikategorikan sedang dan interaksi sosial sebagian besar (72,5%) lansia di Posyandu Tlogo Suryo Malang dikategorikan cukup, sedangkan hasil Spearman Rank didapatkan nilai p-value = 0,006<α (0,05) yang berarti data dinyatakan signifikan dan H1 diterima. Artinya ada hubungan kecerdasan emosinal dengan interaksi sosial pada lansia di Posyandu Tlogo Suryo Malang. Diharapkan lansia mampu mengatur kecerdasan emosional dalam melakukan interaksi (komunikasi) dengan individu atau kelompok lain.

Keywords

Interaksi sosial, kecerdasan emosional, lansia.

Full Text:

PDF

References

Asrori, Moh dan Moh., Ali. 2008. PsikologiRemaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Endah N, R. 2006. Pentingnya Kecerdasan Emosional Bagi Perawat, Jurnal Keperawatan.

Gerungan. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Goleman. 2009. Emotional Intelligence. Terjemahan. Jakarta: PT Gramedia Garden Utama.

Maryati, Kun. Suryawati, Juju. 2006. Sosiologi Untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta : Erlangga.

Nurdin. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap PengenalanSosial Siswa di Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol.IX No.1.

Khatarina dan Lili, G. 2012. Perbedaan Kecerdasan Emosi Pria dan Wanita yang Mempelajari dan yang Tidak Mempelajari Alat Musik Piano. Jurnal. PS Psikologi, Universitas Sumatera Utara. Vol.1. 1 September 2012.

Sarlito, Wirawan Sarwono. 2014. Psikologi Sosial. Cetakan ke-17. Jakarta: Rajawali Pers.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Walgoto, Bimo. 2002. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.