HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RAWAT INAP PUSKESMAS BANTUR

Sri Baskoro Kawoco, Farida Halis Dyah Kusuma, Esti Widiani

Abstract

Puskesmas merupakan layanan kesehatan terdepan bagi masyarakat yang dituntut untuk selalu menjaga kepuasan pasien dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar kepuasan pasiennya meningkat. Salah satu indikator untuk menilai kualitas rumah sakit yaitu dengan mengukur tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di rawat inap Puskesmas Bantur. Desain penelitian adalah deskriptif korelasi dengan metode survei analitik cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden yang diambil dengan teknik consecutive Sampling. Analisa data hasil penelitian menggunakan uji spearman rank dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar reponden yaitu sebanyak 30 responden (75%) dalam kategori kualitas pelayanan keperawatan yang cukup baik, dan hampir seluruh reponden yaitu sebanyak 37 responden (92,5 %) dalam kategori tingkat kepuasan yang puas. Hasil uji spearman rank didapatkan signifikansi output ρ = 0,001 ≤ α 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 1,00 yang berarti terdapat hubungan yang sangat erat antara kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di rawat inap Puskesmas Bantur sehingga dengan demikian H1 diterima. Disarankan bagi pihak Puskesmas untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang ada untuk mencapai kepuasan pasien yang lebih maksimal.

Keywords

Kepuasan pasien, kualitas pelayanan, pelayanan keperawatan.

Full Text:

PDF

References

Griffin, Jill. 2004. Costumer Loyalty. Edisi Revisi. Alih Bahasa oleh Dwi Kartini Yahya. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, Fandy. 2004. Total Quality Manajemen. Edisi ke – 5. Yogyakarta: Andi offset

Muninjaya, A. A.G. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC

Dinas Kesehatan Kabupaten Malang UPTD Puskesmas Bantur.2015. Laporan Instalasi Rawat Inap Puskesmas Bantur.Malang.

Departemen Kesehatan RI.2008. Penerapan Standar Pelayanan Minimal di Rumah Sakit. Direktorat Jenderal Pelayanan Medik. Jakarta.

Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 2010. Pedoman Standard Puskesmas.Direktorat Bina Upaya Kesehatan Dasar. Surabaya.

Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 2015. Pedoman Survei Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.Direktorat Bina Upaya Kesehatan Dasar. Surabaya.

Prastiwi & Ayubi. 2007. Hubungan Kepuasan Pasien Bayar Dengan Minat Kunjungan Ulang di Puskesmas Wisma Jaya Kota Bekasi Tahun 2007. Bekasi : Skripsi Tidak dipublikasikan.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.