HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG KEBERSIHAN DIRI DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN MELAKUKAN AKTIVITAS PERSONAL HYGIENE LANSIA

Onya Rosalia De Fatima Lopes, Sri Mudayati, Erlisa Candrawati

Abstract

Perubahan fisik lansia akan mempengaruhi tingkat kemandirian. Kemandirian adalah kebebasan untuk bertindak, tidak tergantung pada orang lain dan bebas mengatur diri sendiri. Pengetahuan personal hygiene lansia adalah perawatan diri dimana individu mempertahankan kesehatannya, dan dipengaruhi oleh nilai serta keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang kebersihan diri dengan tingkat kemandirian dalam melakukan aktivitas pada lansia. Desain dalam penelitian ini adalah analitik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Lansia di Posyandu Permadi berjumlah 65 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji Spearman Rank. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengetahuan tentang kebersihan diri sebagian besar 34 lansia (34,52%) dikategorikan cukup dan kemandirian dalam melakukan aktivitas lansia sebagian besar 48 lansia (73,85%) dikategorikan mandiri, sedangkan hasil Spearman Rank didapatkan nilai p value = 0,008 < α (0,05), yang berarti data yang dinyatakan signifikan dan Hı diterima artinya semakin baik pengetahuan tentang kebersihan diri maka semakin baik tingkat kemandirian lansia dalam melakukan aktivitas. Diharapkan kepada lansia untuk memiliki pengetahuan tentang kebersihan diri yang dapat mengakibatkan lansia memiliki keinginan untuk melakukan aktivitas berupa perawatan diri.

Keywords

Lansia, pengetahuan kebersihan diri, tingkat kemandirian beraktivitas.

Full Text:

PDF

References

Alfina, shofia. 2009. Hubungan antara gangguan gerak dan fungsi kognitif pada wanita lanjut usia panti wredha. USM. Surakarta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. 2007. Jumlah lansia di Indonesia.

BPS. Jakarta.

Biro Sensus Amerika. 2003. Proceedings of the united nations experts meeting on world population 2300. New York: United Nations.

Maryam, R. Siti, dkk. 2008. Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Potter, P.A, Perry. 2005. A.G. Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep Proses, Dan Praktik. Edisi 4. Volume 1. Alih Bahasa : Yasmin Asih, dkk. Jakarta: EGC.

Nugroho, Wahjudi. 2008. Keperawatan Gerontik dan Geriatrik (edisi 3). Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Orem, D. E., 2001. Nursing : Concept of practice. (6th Ed.). Mosby Inc. St. Louis.

Rahmawati, R. & Puspitawati, I. 2010. Pengatasan Kesepian Pada Warakawuri di Usia Lanjut. Jurnal Psikologi. volume 3, no 2, Juni 2010, 160-171.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.