HUBUNGAN PEMBERIAN STIMULASI ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA TODDLER (1-3 TAHUN) DI PAUD MAWAR RW 06 KELURAHAN TLOGOMAS MALANG

Marlina Estria S. Bili, Atti Yudiernawati, Neni Maemunah

Abstract

Usia 1-3 tahun pertama dalam kehidupan anak adalah masa perkembangan anak yang paling cepat. Dimulai dari perkembangan motorik seperti duduk, berjalan, berlari, melompat, memanjat dan mampu untuk turun naik tangga, kemudian kemampuan anak yang signifikan untuk anak belajar membaca, mengenal, macam-macam bentuk dan huruf. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pemberian stimulasi orang tua terhadap perkembangan motorik halus anak usia toddler 1-3 tahun. Desain penelitian ini menggunakan desain korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak usia toddler di PAUD Mawar RW 06 Kelurahan Tlogomas Malang sebanyak 26 orang dan sampel penelitian yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan intrumen kuesioner dan observasi. Metode analisa data yang digunakan yaitu uji Spearman Rank. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemberian stimulasi orang tua, sebagian besar dikategorikan baik yaitu sebanyak 17 orang (65,4%) dan perkembangan motorik halus anak usia toddler (1-3 tahun), sebagian besar dikategorikan baik yaitu sebanyak 15 orang (57,69%), sedangkan hasil Spearman Rank didapatkan nilai Sig. = 0,016 < α (0,05) yang berarti data dinyatakan signifikan dan H1 di terima. Artinya ada hubungan pemberian stimulasi orang tua terhadap perkembangan motorik halus anak usia toddler (1-3 tahun) di PAUD Mawar RW 06 Kelurahan Tlogomas Malang. Diharapkan orang tua memberikan stimulasi pada anak dengan menggunakan alat bantu dengan tujuan memberikan rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Diharapkan peneliti selanjutnya meneliti tentang faktor-faktor lain yang mempengaruhi perkembangan motorik halus anak usia toddler sehingga hasil penelitian lebih fokus mengarah pada responden yang diobservasi.

ABSTRACT

The first 1-3 years of the child's life is the fastest growing child. Starting from motor development such as sitting, walking, running, jumping, climbing and being able to go down stairs, then significant children's ability to learn to read, recognize, various forms and letters. The purpose of this research is to know the relation of parental stimulation to the fine motor development of toddler children 1-3 years old. The design of this research using correlation design. The population in this study are parents who have children aged toddler in PAUD Mawar RW 06 Tlogomas Malang village as many as 26 people and the sample research used is total sampling. Data collection techniques, researchers used questionnaires and observation instruments. Data analysis method used is Spearman Rank test. The result of the research proves that parental stimulation, mostly categorized as good as 17 people (65,4%) and motor development of toddler toddler (1-3 years old), mostly categorized as good as 15 people (57,69% ), while the result of Spearman Rank got Sig value. = 0,016 <α (0,05) meaning data is significant and H1 is received. This means there is a relationship of parental stimulation to the smooth motor development of children aged toddler (1-3 years) in PAUD Mawar RW 06 Village Tlogomas Malang. Parents provide stimulation in children by using tools with the aim of providing stimulation to help the growth and development of children. It is expected that the next researcher will investigate about other factors that influence the fine motor development of toddlers age children so that the results of the research focus more on the observed respondents.

Keywords: Giving Stimulation; smooth motor development Child.

Keywords

Pemberian stimulasi; perkembangan motorik halus anak.

References

Akbar, R & Hawadi. 2001.Psikologi perkembangan Anak.Cetakan Ke II. Jakarta: Grasindo.

Dewi, H. 2009.Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Ibu Terhsantrockadap Motivasi Ibu Memberikan Stimulasi Tumbuh Kembang Motorik Balita Umur 1-3 Tahun di Desa Dadirejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan.Skripsi tidak terpublikasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Pekajangan, Pekalongan.

Nimma, Nur Azizah. 2012. Gambaran Stimulasi Perkembangan Oleh Ibu Terhadap Anak Usia Prasekolah di TKIT Cahaya Ananda Depok. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan. Fakultas Ilmu Keperawatan. Universitas Indonesia Depok.

Nursalam, Susilaningrum, R & Utami, S. 2005.Asuhan keperawatan bayi dan anak (untuk perawat dan bidan). Jakarta: Salemba medika.

Rusmil, K. 2006.Pedoman pelaksanaan stimulasi, deteksi dan intrvensi dinitumbuh kembang anak. Jakarta: Depkes RI.

Santrock, John.W, 2007, perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Soetjiningsih. DSAK. 2002. Tumbuh Kembang Anak.Jakarta. EGC

Soetjiningsih. 2005. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Suherman. 2000. Buku Saku Perkembangan Anak. Jakarta: EGC.

- Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.