HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BHANI AHMAD TLOGO INDAH KELURAHAN TLOGOMAS

Maria Dappa Kambu, Swito Prastiwi, Yanti Rosdiana

Abstract

Bahasa adalah sarana dalam menyampaikan suatu gagasan perasan kepada orang lain. Kemampuan berbahasa anak usia TK sangat bergantung dari stimulan yang diberikan. Kepribadian guru sangat mempengaruhi pemberian stimulasi pada anak melalui metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepribadian guru dengan perkembangan kemampuan bicara dan bahasa anak usia 4 - 5 tahun di TK Bhani Ahmad Tlogo Indah, Kelurahan Tlogomas, Kota Malang. Desain penelitian mengunakan desain korelasi. Populasi dalam penelitian siswa di TK Bhani Ahmad sebanyak 24 orang anak dan sampel penelitian menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi. Metode analisa data yang digunakan yaitu uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan kepribadian guru, sebagian besar yaitu sebanyak 17 anak (70,83%) menilai bahwa guru dikategorikan memiliki kepribadian baik, perkembangan kemampuan bahasa anak, sebagian besar yaitu sebanyak 17 anak (70,83%) dikategorikan baik, serta uji Chi-Square didapatkan p value = 0,009 < α (0,05) yang berarti data dinyatakan signifikan dan H1 diterima. Artinya ada hubungan antara kepribadian guru dengan perkembangan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Bhani Ahmad Tlogo Indah, Kelurahan Tlogomas, Kota Malang. Dengan demikian guru tidak hanya dituntut untuk mengutamakan teori dan metode yang digunakan dalam mengajar, akan tetapi perlu memperhatikan dan meningkatkan kepribadiannya dalam mendidik sehingga memberikan kemajuan dalam perkembangan kemampuan bahasa anak.

ABSTRACT

Language is a means to convey a notion of juice to others. Language skills of children preschool age is very dependent on the stimulant given. The teacher's personality greatly affect stimulation in children through learning methods. The purpose of this study was to determine the relationship between the personality of the teacher with the development of speech and language skills of children aged 4-5 years in kindergarten Bhani Ahmad Tlogo Beautiful, Village Tlogomas, Malang. The study design using the correlation design. The population in this study students in kindergarten Bhani Ahmad as many as 24 children and a sample using a total sampling. Data collection techniques used are questionnaires and observation. Data analysis method used is Chi-square test using SPSS. The results showed the teacher's personality, most of which as many as 17 children (70.83%) assess that their teachers be categorized as having a good personality, the development of children's language abilities, most of which as many as 17 children (70.83%) categorized as good, and Chi -Square obtained p value = 0.009 <α (0.05) which means that the data was significant and H1 accepted. This means that there is a relationship between the personality of the teacher with the development of language skills of children aged 4-5 years in kindergarten Bhani Ahmad Tlogo Beautiful, Village Tlogomas, Malang. Thus the teacher is not only required to give priority to the theory and methods used in teaching, but need to pay attention to and improve his personality in educating thus making headway in the development of children's language abilities.

Keywords: Teacher personality; childhood development language ability 4-5 years.

Keywords

Kepribadian guru; perkembangan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun.

References

Ahmad, Fatoni. 2009. Hubungan Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Islam Al-Mukhlishin Ciseen Bogor. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Coulmas, Florian. 2005. Sociolinguistics, The Study of Speakers’ Choices. New york: Cambridge University Press.

Hariyani, L. 2009. Hubungan Persepsi Ibu Tentang Komunikasi Fungsional Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun. Uinversitas Indonesia, Depok Indonesia.

Izzan, A. dkk. 2012. Membangun Guru Berkarakter. Bandung: Humaniora.

Latipun. 2004. Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.

Makmun, Abin Syamsudin. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustajab. 2010. Kepribadian Guru Yang Profetik (Kajian Analisa Terhadap Buku Teaching Karya Abdullah Munir). Skripsi: Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyagarta.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nurhidayah, Ulfah. 2009. Hubungan Karakteristik Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dengan Motivasi Belajar Siswa pada Tiga SMK Negeri di Kabupaten Bantul. Skripsi: Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyagarta.

Surya, M. 2003. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi Guru untuk Guru. Bandung: Alfabeta.

- Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.