PENGEMBANGAN PELAYANAN ELEKTRONIK PADA TIGA LEMBAGA PENERBITAN PERGURUAN TINGGI NEGERI MALANG

Citrawati Fitri Kartika

Abstract

Perguruan Tinggi melalui University Press dilihat sebagai gatekeepers of ideas atau penjaga pintu utama dalam penerbitan ilmiah yang bukan saja menyumbang pada industri buku, bahkan bertanggung jawab dalam melahirkan komunitas ilmuwan. Ilmuwan tersebut yang pada akhirnya banyak menuliskan karya-karyanya dan diserahkan pada penerbit. Penerbit sebagai wadah ilmuwan untuk mencetak karyanya juga harus memberikan pelayanan yang optimal tidak hanya secara konvensional namun kedepannya juga memberikan pelayanan elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui program pengembangan pelayanan elektronik pada penerbit perguruan tinggi di kota Malang, dan untuk mengetahui persepsi stakeholder pada lembaga penerbit perguruan tinggi. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu keabsahan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari data yang dikumpulkan maka peneliti memperoleh hasil sebagai berikut: strategi kesiapan dari tiga lembaga penerbitan perguruan tinggi di kota Malang yaitu UB Press, UM Press dan UIN Maliki Press terlihat mempunyai upaya untuk menghadapi persaingan di era digital dengan mempersiapkan rencana kerja yang matang. Rencana kerja tersebut juga akan didukung oleh ahli-ahli teknologi informasi, sehingga digitalisasi penerbitan dapat terwujud.

Kata Kunci : E-Service, Manajemen Publik, Penerbit

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.