STRATEGI KOMUNIKASI DUTA HIV/AIDS DALAM KAMPANYE HIV/AIDS DI KALANGAN TRANSGENDER PADA IKATAN WARIA MALANG

Yuni Lasari, Sulih Indra Dewi, Carmia Diahloka

Abstract


IWAMA merupakan perkumpulan khusus kalangan waria yang aktif dalam mengkampanyekan HIV/AIDS. Meski waria merupakan orang yang rentan terkena penyakit HIV/AIDS ini, tetapi organisasi ini memiliki seorang Duta HIV/AIDS yang bertugas tidak hanya mengkampanyekan program HIV/AIDS kepada audiens yang berasal dari kelompok mereka, melainkan juga semua kalangan masyarakat. Selain cara berkomunikasi yang unik dan pembawaan kaum transgender dalam berkomunikasi seputar program HIV/AIDS yang berbeda dengan masyarakat pada umumnya, duta HIV/AIDS IWAMA ini juga memiliki Strategi Komunikasi dalam kampanye HIV/AIDS. Hal ini dirasa cukup menarik, mengingat peneliti berharap dapat melihat pandangan transgender mengenai kampanye yang dilakukan Duta HIV/AIDS IWAMA dan seberapa besar efektifitas kampanye tersebut untuk kalangan waria tersendiri. Dan ini merupakan hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain. Sementara sumber data ialah berupa wawancara informan terkait dan studi buku serta referensi yang berkaitan dengan strategi komunikasi dalam kampanye HIV/AIDS. Teknik analisis data ialah dengan menggunakan model Miles dan Huberman berupa tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Kata Kunci : IWAMA, strategi, duta HIV/AIDS, kampanye HIV/AIDS, waria

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.