STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN “WARUNG MAKAN SAMBEL DESO MALANG” DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DENGAN KOMPETITOR

Ach. Zainuddin, Amanah Rakhim S.

Abstract

Abstrack: As the time goes by, businessmen continue to emerge. It caused the level of competition is also increasing. Businesses must have specific strategies to target their market, and it also applies to Warung Sambel Deso Malang. By using the right strategy, it will have a major impact on sales turnover. So the purpose of this study was to determine the marketing strategy of Warung Sambel Deso Malang in competing with similar competitors. The method used in this research is a descriptive qualitative method that produced data in the form of written words and observed behavior and determine the acquisition of data presentation more detailed, broad, and depth which refers to the data collection in the form of interviews and documentation with data reduction analysis, data, and conclusions. The application of marketing communication strategy from Warung Sambel Deso Malang were using promotion mix, namely: sales promotion, face-to-face sales, direct mail sales, and promotion using Facebook and Instagram by providing interesting offers, such as.: 10% to 50% discount, and also give a free voucher. As for Sambel Deso's strategy to compete with similar competitors was by providing delivery service, and cooperating with Go-food, since other competitors did not provide a delivery service to its customers. Keywords: Strategy, Marketing Communication, Competitor. Abstrak: Seiring dengan perkembangan jaman, pelaku bisnis terus bermunculan. Dengan begitu tingkat persaingan juga semakin meningkat. Pelaku bisnis harus mempunyai strategi khusus untuk membidik target pasarnya, khususnya Rumah Makan Sambel Deso Malang. Karena penggunaan strategi yang tepat akan membawa pengaruh besar terhadap omset penjualan. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran Rumah Makan Sambel Deso Malang dalam menghadapi persaingan dengan kompetitor sejenis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis dan perilaku yang diamati dan menentukan perolehan sajian data yang lebih rinci, luas, dan mendalam yang mengacu pada pengumpulan datanya berupa wawancara dan dokumentasi dengan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan strategi komunikasi pemasaran Rumah Makan Sambel Deso Malang menggunakan bauran promosi, yaitu: promosi penjualan, penjualan tatap muka, penjualan pos langsung dan melakukan promosi dengan menggunakan Facebook dan Instagram dengan memberikan penawaran yang menarik. Seperti: diskon 10% sampai 50%, dan juga meberikan voucher gratis. Adapun strategi Sambel Deso untuk menghadapi kompetitor sejenisnya yaitu dengan memberikan pelayanan delivery, dan bekerja sama dengan Go-food, karena kompetitor sejenisnya tidak memberikan pelayanan delivery terhadap konsumennya. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Kompetitor.

Full Text:

PDF

References

Abidin, Zainal. 2007. Analsis Eksistensial, Sebuah Pendekatan Alternatif untuk Psikologi dan

Psikiatri. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Handoko, T. Hani. 2015. Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

I.G, Warsanto. 1991. Manajemen Kekaryawan. Yogyakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2011. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi.

Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPM.

Madura, Jeff. 2007. Pengantar Bisnis 1. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2013. Manjemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Marzuki. 2002. Metodologi Riset. Yogyakarta: BPFE UII.

Mautz, R.K. dan Sharaf, H.A. 1961. The Philosophy of Auditing. American Accounting

Association.

Mulyadi. 2010. Auditing. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Narimawati, Umi. 2007. Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Agung Media.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pasolong, Harbani. 2010. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta.

Salim, Agus. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: PT. Tiara.

Sandjojo, Nidjo. 2011. Metode Analisis Jalur (Path Analysis) dan Aplikasinya. Jakarta: Pusaka

Sinar Harapan.

Sedarmayanti. 2013. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan

Masa Depan Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik. Bandung:

PT. Refika Aditama.

Sedarmayanti.2014. Manajemen Summber Daya Manusia Reforamsi Birokrasi dan Manajemen

Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: CV Alfabeta.

Sunyonto. 2013. Teori, Kuisioner, dan Analisis Data Prilaku Organisasional. CAPS ( Center for

Academic Publishing Service). Yogyakarta.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Suwatno dan Priansa, Donni Juni.2014. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis.

Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang dan PERPPU Pemerintah Daerah nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. 2014.

Bandung: Fokusmedia.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 23 Tahun tentang Pemerintah Daerah. Kementrian

Sekretariat Negara Republik Indonesia. (Online), (http://www.pih.kemlu.go.id).

Elfarini, Eunike Christina. 2007. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap

Kualitas Audit. Penelitian. Universitas Negeri Semarang.

Lauw Tjun Tjun, Elyzabet Indrawati Marpaung & Santy Setyawan.2012. Pengaruh Kompetensi

dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi. Vol.4: 33-56.

Qorib, F & Syahida, AR. (2018). Decreasing Popularity Of Ceramic Tourism Village Of Dinoyo Malang In New Media Age. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 1 Hal 31-38.

Sona, Saputra. 2015. Pengaruh Kepemimpinan SMART untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai.

Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 4 (2): 246-251.

Sri, Trisnanigsih, 2007. Independensi Auditor dan Komitmen Organisasi sebagai Mediasi Pengaruh

Pemahaman Good Governance, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap

Kinerja Auditor. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 .(Online), (http://www.academia.edu), diakses

September 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.