PENGARUH SLOGAN “ AKU, JADI DUTA SHAMPO LAIN” PADA IKLAN PANTENE VERSI ANGGUN C. SASMI TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS KHALAYAK

Kristina Niya, Amanah Rakhim Syahida

Abstract

Abstract: Ads tagline is a kind of recipe to make the words have power. This power used to influence the audience like develop brand awareness of product. Today, we can see on television, those are many uniqes tagline and one of them is tagline “ aku, jadi duta shampo lain?” at pantene ads. So, this research focus to the influence of tagline “aku, jadi duta shampo lain” in pantene ads Anggun C. Sasmi version toward brand awareness of public. This research took 72 respondents and using simple random sampling. Data analyses techniques used simple linear regression with SPSS 17. The results showed that tagline “ aku, jadi duta shampo lain” at pantene ads Anggun C. Sasmi version significantly influence brand awareness of public about 30.5% and simple linear regression analyses showed positive result with the equation Y= 16.920+1.513(X).The tagline specifically influence public to know the product, and after that the experience with the product will be decide how deep the brand awareness of person.

 

Keywords: Ads, Tagline, Brand awareness, Public

 

Abstrak: Slogan iklan ibaratkan sebuah resep untuk membuat kata-kata memiliki kekuatan. Kekuatan ini digunakan untuk mempengaruhi pemirsa seperti membangun kesadaran merk pada sebuah produk. Saat ini, kita bisa melihat di televise, disana terdapat banyak sekali slogan yang unik salah satunya adalah slogan “aku, jadi duta shampo lain?” di iklan pantene. Sehingga, pada penelitian ini focus pada pengaruh dari slogan “aku, jadi duta shampo lain?” pada iklan pantene versi Anggun C. Sasmi terhadap brand awareness khalayak. Penelitian ini mengambil 72 responden dan menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan aplikasi SPSS 17. Hasilnya menunjukan bahwa tagline” aku, jadi duta shampo lain?” pada iklan pantene versi Anggun C.Sasmi secara signifikan mempengaruhi brand awareness khalayak sekitar 30,5% dan uji regresi linear sederhana menunjukan hasil yang positif dengan persamaan Y= 16.920+1.513(X). Slogan tersebut secara khusus mempengaruhi khalayak untuk mengetahui produk dan setelah itu pengalaman bersama produk tersebut akan menentukan tingkat kedalaman brand awareness dari seseorang.

 

Kata kunci: Iklan, Slogan, Brand awareness, Khalayak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.