STRATEGI PEMERINTAH DESA JUNREJO KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PROGRAM PAVINGISASI JALAN

Paulus Miki Sabta, Dody Setyawan

Abstract

Abstract: The purposes of this study were to determine the strategy of the village government in increasing community participation in the road paving program in Junrejo Village, Junrejo Subdistrict, Batu and to find out the inhibiting factors and supporting factors of the program. This study used qualitative research methods. The technique of collecting data was done through observation, interviews and documentation. The results of this study can be concluded that the strategy of the Junrejo village government to increase community participation in the road paving program is by conducting socialization to the community in six locations where the road paving program would be implemented. In its implementation, the allocation of human resources owned by the village government was quite good, rated from the readiness of the village government in dealing with the problems faced and the good quality of the installation of paving and the the level of participation which was categorized as good. The achievement of community participation level is already in the stage of acting together according to Wilcox (Mardikanto, 2013: 86), in the sense that it is not only involved in decision making, but also involved in the implementation of activities.


Keywords: Strategy, Community Participation, Road Paving Program.

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pemerintah desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada program pavingisasi jalan di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu dan untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung pemerintah desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada program pavingisasi jalan di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi (Observation), wawancara (Interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemerintah desa Junrejo untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program pavingisasi jalan yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di 6 (enam) lokasi yang akan dilaksanakannya program pavingisasi jalan. Dalam pelaksanaannya alokasi sumber daya manusia yang dimiliki pemerintah desa sudah cukup baik, dinilai dari kesiapan pemerintah desa dalam menangani masalah yang dihadapi dan kualitas pemasangan paving yang sudah baik serta capaian tingkat partisipasi yang sudah baik. Capaian tingkat partisipasi masyarakat sudah dalam tahap bertindak bersama (acting together) menurut Wilcox (Mardikanto, 2013:86), dalam arti tidak sekedar ikut dalam pengambilan keputusan, tetapi juga terlibat dalam pelaksanaan kegiatan.

 

Kata Kunci: Strategi, Partisipasi Masyarakat, Program Pavingisasi Jalan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.