EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DIBIDANG KESEHATAN DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Maria Elis Sriani, Cahyo Sasmito

Abstract

Abstrack: The demand of public service quality that gets bigger for year to year.  Meanwhile there is no practice of service providers that shown the significant changes. The purpose of this research is to bring services to the community more closer, and also to find out the effectiveness of the Integrated Service Unit (UPT) of Dau Health Center for improve public services in the health sector in order to realize community prosperity, and to find out the efforts of the Integrated Service Unit (UPT) of Dau Health Center in improving quality of public services.The result of the research that has been done about the effectivity of public healt service that aimed to realize the effort of publicwelfare in UPT (Unit Pelayanan Terpadu) of Puskesmas Dau, and the community that suports the effectivity of public services in accordance with the purpose of agencies that aimed to realize effort of the satisfaction and walfare of society can be seen from the arranged organizational work program of Puskesmas Dau. The Puskesmas Dau’s effort in realizing the satisfaction and walfare of society, can be seen from the innovation like (a service car and monitor screen for queue number retrieval). They have set up a 24-hour service car for public, and they also have a Homecare team that ready to give a service to the public.

 

Keywords: Effectivity of public service, public welfare, public health

 

Abstrak: Tuntutan terhadap kualitas pelayanan publik dari tahun ke tahun semakin besar oleh masyarakat. Sementara itu praktik penyelenggara pelayanan tidak mengalami perubahan yang berarti. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah, mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, mengetahui sejauh mana efektivitas Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Dau meningkatkan pelayanan publik di bidang kesehatan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat, serta untuk mengetahui upaya Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Dau dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Hasil penelitian sebagaimana sudah terlaksana semua tentang efektifitas pelayanan publik dibidang kesehatan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Upt (Unit Pelayanan Terpadu) Puskesmas Dau, adapun masyarakat yang sangat mendukung efektifitas pelayanan publik sesuai dengan tujuan instansi dalam upaya mewujudkan kepuasan dan kesejahteraan masyarakaat dapat dilihat dari program kerja Puskesmas Dau sudah tersusun dalam struktur organisasi Pukkesmas Dau. Upaya Puskesmas Dau dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat juga sudah baik, hal ini dapat dilihat dari inovasi (mobil keliling dan layar monitor untuk pengambilan nomor antrian). Mereka sudah menyiapkan mobil pelayanan 24 jam untuk masyarakat, bahkan mereka juga mempunyai tim Homecareyang siap untuk melayani masyarakat untuk melakukan proses pelayanan.

 

Kata kunci:Efektivitas pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat, Kesehatan publik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.