PENGARUH BEASISWA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

Antonius Goa Wea, Ignatius Adiwidjaja

Abstract

Abstract: The high cost of education for some people to make the government moved to provide tuition assistance to those who need them. An example is the University of Malang Tribhuwana Tunggadewi. Types of studies are causative to the sampling technique used purposive sampling Instrument of research include questionnaires, observation , and documentation. Data were analyzed by t test statistics, and statistics f test, and the coefficient of determination Scholarships influence research results affect motivation for students with a correlation coefficient of 99.7 % means that the scholarships have a very strong relationship to student learning motivation . Scholarships effect on student achievement while very small correlation coefficient of 39.8 % means that only major weak relationship . Motivation to learn ( X2 ) had no significant effect on student achievement ( Y ) with a regression coefficient of determination only by 0.2% ( 0.002 ) on student achievement, while 99.8 % influenced by other variables not studied.

 

Keywords : Scholarship , Motivation and Achievement

 

Abstrak: Mahalnya biaya pendidikan bagi sebagian masyarakat membuat pemerintah tergerak memberikan bantuan biaya pendidikan bagi yang membutuhkannya. Contohnya adalah Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Jenis penelitian tergolong kausatif, penelitian yang bersifat sebab akibat.Penelitian kausatif merupakan tipe penelitian dengan karakteristik masalah berupa sebab akibat antara dua variabel atau lebih.dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrument penelitian meliputi kuesioner, observasi, dan dokumentasi.Data dianalisa dengan uji t statistik, dan uji f statistik, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian pengaruh Beasiswa berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 99,7% artinya pemberian beasiswa mempunyai hubungan yang sangat kuat terhadap motivasi belajar mahasiswa. Beasiswa berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa sedangkan koefisien korelasi sangat kecil hanya sebesar 39,8% artinya besar hubungannya lemah. Motivasi belajar (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa (Y) dengan koefisien determinasi regresi hanya sebesar 0,2% (0,002) terhadap prestasi belajar mahasiswa, sedangkan 99,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

 

Kata kunci: Beasiswa, Motivasi, dan Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.