ANALISIS SIKAP NARSISME DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA SISWA SMK PGRI 3 MALANG

Saijuri Saijuri, Fathul Qorib

Abstract

Abstract: Social media exists and changes the communication paradigm of the society, where communication can occur anywhere and anytime without being present face to face. As a social media, Instagram is a communication medium in the form of an application to share photos, that allows its users to take some photos, to apply filters, so that they can be seen by the followers. This research applied qualitative research method. In determining the informant, this research used stratified sampling technique. By some considerations, the informants are the SMK PGRI 3 Malang students, have a smartphone, an Instagram account and are active using it. The informants are popular teenagers who have more followers than their followings and at least having one hundred followers. From the finding of this research, it is known that the narcissism attitudes in Instagram are frequently showing some photos of themselves, either alone, selfies, or with friends, displaying good images to the public in order to get good impressions on the hearts of others, feeling envy on any photos uploaded by others, and be proud of how many followers and likes they get.

 Keywords: Social Media, narcissism, Instagram

 Abstrak: Media sosial hadir dan merubah paradigma berkomunikasi masyarakat, di mana komunikasi bisa terjadi di mana saja dan kapan saja tanpa harus bertatap muka secara langsung. Media sosial Instagram adalah media komunikasi berupa aplikasi untuk berbagi foto, yang memungkinkan penggunanya dapat mengambil foto, menerapkan filter digital, sehingga dapat dilihat oleh para pengikut dari pengunggah foto tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penentuan informan, penelitian ini menggunakan teknik stratified sampling. Atas beberapa pertimbangan, informan merupakan siswa SMK PGRI 3 Kota Malang, memiliki ponsel pintar, dan akun Instagram serta aktif menggunakannya. Informan merupakan remaja populer dengan (followers) lebih banyak daripada yang (followings), dan memiliki seratus pengikut. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa bentuk sikap narsisme yang terjadi di Instagram ialah seringnya menampilkan foto diri, baik sendiri, swafoto, maupun bersama teman, menampilkan citra yang baik kepada khalayak untuk mendapat kesan baik di hati orang lain, merasa iri terhadap apa yang diunggah oleh orang lain, dan merasa bangga dengan banyaknya jumlah pengikut dan penyuka foto unggahan.

 Kata Kunci: Media sosial, narsisme, Instagram

Full Text:

PDF

References

Husna, Nailul. 2017. Dampak Media Sosial Terhadap Komunikasi Pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. LIBRIA. Vol 9, No 2:184-185.

Kartono, Kartini. 1995. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Santi, Novi Nitya. 2017. Dampak Kecenderungan Narsisme Terhadap Self Esteem Pada Pengguna Facebook Mahasiswa PGSD UNP. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran: Universitas Nusantara PGRI Kediri. Vol 5, No. 1:27.

Sarwono, Sarlito W. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta: Charisma Putra Utama Offset.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: CV Pustaka Setia

Sugiyono.2012. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.